Friday, 3 May 2024
HomeNasionalKenali 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman Hias

Kenali 5 Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman Hias

Bogordaily.net sering dianggap sampah oleh sebagian orang. Kebanyakan orang akan membuang setelah selesai memakan atau mengambil buahnya. Ternyata masih bisa dimanfaatkan loh!

Dalam terdapat kandungan nutrisi yang bermanfaag bagi tanaman. Jika kamu memiliki hobi bercocok tanam, termasuk merawat kamu bisa memanfaatkan agar tanamanmu tumbuh subur.

Berikut 5 manfaat untuk :

1. Mencegah Penyakit pada Tanaman

memiliki kandungan kalium organik yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 persen. Kandungan tersebut dapat membantu memperkuat batang tanaman dan melawan penyakit. Kamu bisa meletakkan di dekat tanaman atau bisa juga mencampurkannya ke dalam kompos.

Tanaman akan tumbuh subur dan terbebas dari penyakit. Selain itu, kulit pisang juga dapat mencegah munculnya beberapa jenis hama yang bisa merusak tanaman.

2. Menyuburkan Tanaman

Kalium yang terdapat dalam kulit pisang dapat membantu menyuburkan tanaman. Tanaman yang diberikan pupuk berupa kulit pisang akan tampak subur baik itu tanaman bunga maupub buah-buahan.

Selain itu, tanaman pisang juga bisa meningkatkan kandungan protein pada tanaman. Hal ini akan membuat tanaman menjadi subur, lebat dan jika berbuah akan memiliki buah yang rasanya enak.

3. Mencegah Tanaman Layu

Selain kalium, manfaat kulit pisang juga memiliki kandungan potasium. Potasium sangat bermanfaat bagi tanaman karena dapat membantu tanaman tahan dari kekeringan, sehingga tanaman tidak cepat layu. Meskipun pada musim kemarau, tanaman yang menggunakan pupuk kulit pisang akan tetap dapat bertahan dan tidak layu.

4. Membantu Akar Menyerap Nutrisi

Jika akar tanaman tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik, maka dapat menganggu pertumbuhan tanaman. Kulit pisang bermanfaat untuk membantu penyerapan nutrisi dari akar. Kami bisa membuat kulit pisang sebagai pupuk cair.

Dengan cara seperti ini maka pupuk bisa masuk ke dalam akar tanaman dengan cepat dan membantunya menyerap nutrisi dalam tanah.

5. Membuat Tanaman Cepat Berbunga

Dalam kulit pisang juga terkandung nutrisi alami seperti nitrogen, fosfor, dan magnesium. Nutrisi tersebut akan mudah diserap oleh tanaman ketika sudah terurai. Kamu dapat mencampurkan kulit pisang ke dalam pupuk kompos, kemudian berikan ke tanaman.

Jika semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman telah terpenuhi, maka tanaman akan tumbuh subur dan juga cepat berbunga.

Dalam memanfaatkan kulit pisang sebagai pupuk, kamu juga perlu memperhatikan jenis pisangnya. Sebaiknya hindari menggunakan kulit pisang yang telah disemprot pestisida karena dapat merusak tanaman.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here