Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalMenko PMK Prediksi 79 Juta Orang Akan Mudik Lebaran Tahun Ini

Menko PMK Prediksi 79 Juta Orang Akan Mudik Lebaran Tahun Ini

Bogordaily.net – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan () Muhadjir Effendy memprediksi terdapat 79 juta orang di seluruh Indonesia akan saat libur Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah tahun ini.

Hal itu berdasarkan data survei Kementerian Perhubungan yang menunjukkan jumlah pemudik mencapai 79 juta, bila tanpa syarat atau cukup dengan vaksin dosis kedua.

Jika tanpa syarat atau cukup dengan vaksin dosis kedua, diperkirakan akan ada 79 juta warga yang melakukan perjalanan ,” kata Muhadjir, dalam keterangan resminya dikutip Selasa, 29 Maret 2022.

“Kalau ada kemudahan lain, misal ada bersama, nah peluangnya mendekati 100 juta (pemudik),” ujar , dikutip dari CNN, Selasa 29 Maret 2022.

Muhadjir mengatakan pelambatan ekonomi pada Lebaran tahun lalu bisa diperbaiki selama Ramadan tahun ini.

“Maka dari itu, jika kita betul-betul menyiapkan ibadah Ramadan dengan baik, otomatis kelambatan ekonomi kemarin akan bisa ditebus pada masa lebaran ini,” ujarnya

Muhadjir menilai Ramadan bisa menjadi momentum untuk terus menekan angka kasus Covid-19 dan memacu peningkatan ekonomi di Indonesia.

Ia optimistis ibadah Ramadan tahun ini dapat dilaksanakan lebih khidmat dan leluasa karena situasi pandemi Covid-19 mulai melandai.

“Tentunya, jika aturan ibadah Ramadan dan pelaksanaan dipersiapkan dengan baik,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memprediksi puncak arus Lebaran tahun ini akan terjadi pada 28 April 2022 mendatang. Sementara untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei.

Pemerintah berencana menjadikan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan atau booster sebagai syarat perjalanan Lebaran tahun ini. Pemberlakuan syarat tersebut masih menunggu surat edaran Satgas Covid-19.*

(Muhammad Rizki Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here