Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorMigor Melimpah, Kok Warga Masih Susah?

Migor Melimpah, Kok Warga Masih Susah?

Bogordaily.net – Kapolsek Citeureup, Kompol Eka Chandra Mulyana temukan keberlimpahan minyak goreng () di sentral grosir yang ada di wilayah hukumnya. Hal ini ia temukan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ketersediaan di , Kabupaten Bogor pada Senin 28 Maret 2022.

Menurutnya, ketersediaan menjelang bulan ramadhan di Kecamatan Citeureup cenderung aman.

“Alhamdulillah untuk stok baik curah maupun kemasan itu tersedia, namun untuk curah memang sangat terbatas sedangkan minyak kemasan banyak stoknya,” ungkapnya, Senin, 28 Maret 2022.

Kendati ditemukan keberlimpahan, Eka mengatakan, sulitnya menemukan kemasan dengan ukuran satu liter.

“Untuk kondisi satu liter nanti kami tanyakan lagi bagaimana distribusi dari pusatnya, apa dari pusatnya tidak ada yang satu liter? sebab kita liat di lapangan banyak stok itu dua liter,” kata Eka.

Dalam sidaknya, Eka pun menemukan ketimpangan harga jual minyak curah, yang menurutnya tak sesuai dengan aturan Pemerintah.

“Untuk harga yang sesuai dengan Pemerintah itu Rp15.500, tapi tadi kita temukan di lapangan ada yang jual Rp16 ribu atau Rp17 ribu. Akan kami peringatkan mereka bagaimana aturan yang ada, jangan sampai menyulitkan masyarakat apalagi di bulan suci ramadhan permintaan minyak akan tinggi,” paparnya.

Lebih lanjut, Eka mengatakan, pihaknya akan mengantisipasi terjadinya kelicikan dalam penjualan dengan terus melakukan pengecekan di gudang hingga retail penjual.

“Kita akan melaksanakan patroli dan melakukan pengecekan di gudang-gudang jangan sampai ada curah dibuat kemasan, jika ada pasti akan kita tindak dan bila ada pidananya maka akan kita proses,” singkatnya.

Sementara itu, pemilik Toko Pasific, Akim, menuturkan bahwa ia memiliki stok 7.000 kilogram curah per dua minggunya.

“Harga jualnya ada yang Rp16 ribu ada yang Rp17 ribu, tergantung langganan,” ungkapnya.

Akim mengatakan, untuk saat ini, ia masih memiliki stok curah sebanyak 1.000 kg.

“Untuk yang kemasan 2 liter itu tersedia dengan harga 275 per dus,” akunya.

migor

Di lokasi berbeda, pemilik toko Mekarwangi, Nci mengakui toko tokonya mampu menyediakan stok curah hingga 8.000 liter per tiga harinya.

“Kita jual perkilo Rp15.500, lalu untuk minyak kemasan ukuran dua liter berapa pun permintaannya kami ada, dengan harga 270 ribu per dusnya,” pungkasnya.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here