Kecamatan Rancabungur Akan Dikembangkan Menjadi Desa Wisata

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor · 10 Mar 2022 12:22 WIB

Miliki Potensi, Pemerintah Kecamatan Rancabungur Akan Dikembangkan Kawasan Wisata


 Camat Rancabungur, Dita Aprilia. (albin/Bogordaily.net) Perbesar

Camat Rancabungur, Dita Aprilia. (albin/Bogordaily.net)

Bogordaily.net РRancabungur kaya akan keindahan alamnya, oleh karena itu Pemerintah Kecamatan Rancabungur  ingin mengembangkan wilayahnya menjadi kawasan wisata. Dengan harapan, dapat menarik wisatawan yang singgah sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Rancabungur.

“Kecamatan Rancabungur beserta Jakarta konsultindo (Jakon) serta diharapkan juga untuk Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mendampingi Pemerintah Kecamatan Rancabungur untuk meninjau titik mana yang akan dijadikan potensi pariwisata. Jadi ada kaitan dengan setu ini harus diapakan, dan nanti akan konsultasi dengan Jakarta Konsultindo (JaKon),” ujar Camat Rancabungur, Dita Aprillia, Rabu, 9 Maret 2022.

Diharapkan juga untuk objek wisata seperti kebun sawit, arum jeram kemudian jembatan rawayan dan TPU agar dapat dikembangkan potensinya sehingga menjadi obyek wisata bagi masyarakat.

“Jembatan rawayan itu kan bukan cuma untuk menghubungkan dua kecamatan saja, tetapi dapat juga menjadi wisata spot foto bagi masyarakat. Selain itu agrowisata, hingga saat ini lahan yang belum termanfaatkan, dan itu bisa dimanfaatkan menjadi tempat penanaman bibit bunga, bibit sayur dan tanaman yang lain sebagainya,” lanjutnya.

Pihak pemerintah kecamatan pun, telah mengamati para pesepeda yang acap kali singgah ke wilayah mereka. Dengan mengayuh sepedanya, para pesepeda itu sering kali melintasi area kelapa sawit. Bahkan, diantara pesepeda itu mengira kalau wilayah ini berada di luar daerah.

“Ternyata untuk komunitas gowes suka dengan wisata kelapa sawit mereka mengira ada di wilayah luar daerah padahal sejatinya itu di wilayah Rancabungur, kami menyadari untuk jalan memang sudah bagus akses jalan dari samisade sudah ada, hanya tinggal penunjuk arah agar jalan tersebut dapat terintegrasi, serta diharapakan dapat dibuatkan juga tempat ngopi yang instagramable agar menjadi daya tarik menjadi desa wisata”, imbuh Dita

Diharapkan juga agar ada pengurus di desa wisata, sebelumnya sudah ada badan kerja sama antar desa (BKD), dengan hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah, serta jika ada Badan Usaha milik Desa (BUmDes) dapat dioptimalkan lebih baik lagi untuk meningkatkan ekonomi setempat.

“Warga yang berada di daerah tersebut dapat berdagang tetapi mendapat edukasi terlebih dahulu, sehingga dapat terkoordinasi dengan baik serta membuat tempat tersebut nyaman, agar dapat menarik wisatawan di dalam wilayah maupun luar wilayah Rancabungur, dan saya sudah menyampaikan ide-ide ini kepada rekan-rekan kepala desa dan mereka menyambut baik dengan adanya ide ini, hanya kita tinggal menunggu anggaran”, tutupnya.

 

(Albin Pandita Febriyantama)

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pengurus Matlahul Anwar Kabupaten Bogor Resmi Dilantik

3 Desember 2022 - 15:46 WIB

Tragis, Mayat Laki-Laki Ditemukan Kaku Terlungkap di Ciseeng

3 Desember 2022 - 13:37 WIB

mayat ciseeng

Bersama Pemdes, Karang Taruna Desa Tegal Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

3 Desember 2022 - 09:58 WIB

korban gempa

Antre Bansos di Desa Sukajaya, Warga Berdesakan hingga Terjepit Pintu

3 Desember 2022 - 09:52 WIB

Anak di Bawah Umur Jadi Korban Keji Pelaku Pencabulan di Klapanunggal

3 Desember 2022 - 08:33 WIB

Pelaku pencabulan

Jangan Sampai Ditilang, Berikut Perpanjangan SIM Keliling di Kabupaten Bogor Hari Ini

3 Desember 2022 - 07:35 WIB

Perpanjangan SIM Keliling
Trending di Kabupaten Bogor