Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorMiliki Potensi, Pemerintah Kecamatan Rancabungur Akan Dikembangkan Kawasan Wisata

Miliki Potensi, Pemerintah Kecamatan Rancabungur Akan Dikembangkan Kawasan Wisata

Bogordaily.net kaya akan keindahan alamnya, oleh karena itu Pemerintah Kecamatan   ingin mengembangkan wilayahnya menjadi kawasan wisata. Dengan harapan, dapat menarik wisatawan yang singgah sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat .

“Kecamatan beserta Jakarta konsultindo (Jakon) serta diharapkan juga untuk Pemerintah untuk mendampingi Pemerintah Kecamatan untuk meninjau titik mana yang akan dijadikan potensi pariwisata. Jadi ada kaitan dengan setu ini harus diapakan, dan nanti akan konsultasi dengan Jakarta Konsultindo (JaKon),” ujar Camat Rancabungur, Dita Aprillia, Rabu, 9 Maret 2022.

Diharapkan juga untuk objek wisata seperti kebun sawit, arum jeram kemudian jembatan rawayan dan TPU agar dapat dikembangkan potensinya sehingga menjadi obyek wisata bagi masyarakat.

“Jembatan rawayan itu kan bukan cuma untuk menghubungkan dua kecamatan saja, tetapi dapat juga menjadi wisata spot foto bagi masyarakat. Selain itu agrowisata, hingga saat ini lahan yang belum termanfaatkan, dan itu bisa dimanfaatkan menjadi tempat penanaman bibit bunga, bibit sayur dan tanaman yang lain sebagainya,” lanjutnya.

Pihak pemerintah kecamatan pun, telah mengamati para pesepeda yang acap kali singgah ke wilayah mereka. Dengan mengayuh sepedanya, para pesepeda itu sering kali melintasi area . Bahkan, diantara pesepeda itu mengira kalau wilayah ini berada di luar daerah.

“Ternyata untuk komunitas gowes suka dengan wisata mereka mengira ada di wilayah luar daerah padahal sejatinya itu di wilayah Rancabungur, kami menyadari untuk jalan memang sudah bagus akses jalan dari samisade sudah ada, hanya tinggal penunjuk arah agar jalan tersebut dapat terintegrasi, serta diharapakan dapat dibuatkan juga tempat ngopi yang instagramable agar menjadi daya tarik menjadi ”, imbuh Dita

Diharapkan juga agar ada pengurus di , sebelumnya sudah ada badan kerja sama antar desa (BKD), dengan hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah, serta jika ada Badan Usaha milik Desa (BUmDes) dapat dioptimalkan lebih baik lagi untuk meningkatkan ekonomi setempat.

“Warga yang berada di daerah tersebut dapat berdagang tetapi mendapat edukasi terlebih dahulu, sehingga dapat terkoordinasi dengan baik serta membuat tempat tersebut nyaman, agar dapat menarik wisatawan di dalam wilayah maupun luar wilayah Rancabungur, dan saya sudah menyampaikan ide-ide ini kepada rekan-rekan kepala desa dan mereka menyambut baik dengan adanya ide ini, hanya kita tinggal menunggu anggaran”, tutupnya.

 

(Albin Pandita Febriyantama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here