Friday, 26 April 2024
HomeNasionalMobil Listrik Ternyata Sudah Ada Sejak 1881, Ini Dia Bentuknya

Mobil Listrik Ternyata Sudah Ada Sejak 1881, Ini Dia Bentuknya

Bogordaily.net – Perkembangan dunia otomotif terus mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bagi sebagian besar orang, dianggap sebagai hal baru yang saat ini sedang berada dalam tahap pertumbuhan yang cukup signifikan.

Namun, tahukah kamu kalau sudah lahir pada tahun 1881, dengan bentuk yang sangat .

Dikutip dari Autocar, mobil bertenaga baterai ini pertama di dunia ini dibuat oleh Gustave Touve di Prancis. Setelah 140 tahun berlalu, tersebut dihidupkan kembali dalam bentuk replika.

Awal nya, banyak yang ragu atau takut untuk bisa mengendarai karya Gustave Trouve ini. Wajar, karena kendaraan replika ini cuma memiliki 3 roda, dengan formasi dua roda kecil pada bagian belakang dan roda besar pada bagian samping.

Dijelaskan ini menjadi evolusi penting dalam otomotif listrik, meski ketika itu Gustave Trouvé belum memikirkan akan keselamatan berkendara.

Dengan mengawinkan sepeda roda tiga buatan Coventry dengan kombinasi baterai dan motor, pria Prancis itu menciptakan apa yang dianggap sebagai EV charger pertama.

“Orang-orang Paris itu pasti berasumsi bahwa mereka telah melihat iblis pergi,” kata salah satu keturunan Gustave Touve, Patrick Chargueron.

Pada zaman itu dikatakan memang banyak kejutan yang terjadi, namun tidak ada yang menyangka kendaraan listrik sudah beredar pada saat itu dan baru beberapa tahun kemudian kendaraan pembakaran internal mulai ditemukan.

“Saat Trouvé menggabungkan motor listrik, baterai yang dapat diisi ulang, ini salah satu kendaraan paling awal yang terlihat di jalan. “Sangat menarik untuk melihat EV dan untuk memahami bahwa, seperti yang kita lihat sekarang, mereka bukanlah teknologi modern,” kata Catherine Griffin, kurator dari British Motor Museum di Gaydon.

Bahkan mobil bertenaga baterai buatan Touve ini disebut hadir dengan baterai yang bisa diisi ulang. Hal ini membuat kita menyadari bahwa yang ada saat ini sebenarnya bukan hal yang modern melainkan sebuah evolusi dari teknologi yang ada di tahun 1881.

Kini Kendaraan listrik mulai bangkit kembali dan mencoba menjadi solusi untuk bisa menekan emisi gas buang.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here