Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaNgeri, Pesawat China Eastern Airlines Jatuh Menukik 6.000 Meter Dalam 60 Detik

Ngeri, Pesawat China Eastern Airlines Jatuh Menukik 6.000 Meter Dalam 60 Detik

Bogordaily.net–Tragedi kecelakaan pesawat MU5735 masih dalam penyelidikan. Pesawat itu diduga jatuh menukik vertikal ribuan meter dalam 60 detik atau 1 menit sebelum menghantam perbukitan di desa dekat kota Wuzhou, Guangxi.

Laporan media lokal yang merilis sebuah video diduga merekam penampakan pesawat Boeing 737-800 itu detik-detik sebelum menghantam daratan.

Dalam video pemantau yang tersebar di media sosial, terlihat benda diyakini pesawat MU5735 jatuh vertikal dengan cepat ke area hutan di perbukitan. Namun, dikutip dari CNN Indonesia, AFP masih belum bisa memverifikasi video tersebut.

Administrasi Penerbangan Sipil (CAAC) melaporkan pesawat lepas landas dari Kota Kunming pukul 13.11 waktu setempat. Mereka kehilangan kontak saat pesawat berada di wilayah udara kota Wuzhou, Guangxi.

Data FlightRadar24, pada pukul 14.20 mengungkap pesawat menukik tajam dari ketinggian 8,8 km atau 29.100 kaki menjadi 2,3 km atau 7.850 kaki hanya dalam waktu satu menit.

Jika terkonfirmasi, pesawat yang mengangkut total 132 orang itu jatuh 6.500 meter (6,5 km) hanya dalam 60 detik. Sekitar 2 menit 15 detik setelahnya pesawat ada di ketinggian 2,7 km atau 9.075 kaki.

Lalu pesawat berusaha naik sebentar sekitar 20 detik, tetapi akhirnya jatuh saat berada pada ketinggian 0,98 km atau 3.225 kaki. Setelah pukul 14.22 waktu setempat tak ada lagi data penerbangan yang berkaitan dengan maskapai tersebut.

Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang mendesak agar penyelidikan serius dilakukan dan mengambil tindakan tegas untuk memperkuat sistem keamanan serta merilis informasi akurat di waktu yang tepat.

Diberitakan sebelumnya pesawat seharusnya mendarat di Guangzhou pada pukul 15.05 waktu setempat, tetapi tidak terjadi karena mengalami kecelakaan. Hingga kini, pihak berwenang memastikan tidak ada tanda-tanda penumpang yang selamat dalam insiden itu.

Belum ada keterangan resmi soal jumlah korban meninggal dalam tragedi tersebut. Namun, keterangan sementara menyebutkan tak ada penumpang warga negara asing di dalamnya.

“Tidak ada warga asing dalam pesawat itu,” bunyi laporan stasiun televisi negara mengutip pernyataan maskapai seperti dikutip Reuters.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, menuturkan Kedutaan Besar RI di Beijing dan Konsulat Jenderal RI di Guangzhou masih terus mencari informasi terkait manifest penumpang guna mengetahui kemungkinan ada warga Indonesia dalam pesawat itu.

“KJRI Guangzhou sedang mencari informasi mengenai penumpang Pesawat Eastern MU5735 yang jatuh di Teng County, Wuzhou, Provinsi Guangxi. Hingga saat ini, Pemerintah Guangxi belum menyampaikan rilis resmi terkait jumlah dan identitas korban,” kata Judha dikutip CNNIndonesia.com, Selasa, 22 Maret 2022.

“Namun menurut berbagai informasi sementara yang dihimpun, tidak ada penumpang WNI di pesawat tersebut. Konfirmasi resmi masih menunggu dari otoritas setempat,” tambahnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here