Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorPolresta Bogor Kota Dapat Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Polresta Bogor Kota Dapat Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Bogordaily.net – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan Kepolisian terus berkomitmen untuk mewujudkan serta memberikan pelayanan publik yang dan prima bagi masyarakat. Hal itu juga telah dituangkan dalam konsep transformasi menuju “Polri yang Presisi, pada bidang transformasi pelayanan publik”.

Diketahui, berdasarkan hasil evaluasi dari KemenPAN-RB, terdapat 27 satwil yang berhasil mendapat kategori A berpredikat pelayanan prima. Lalu, 78 satwil mendapat kategori A- atau berpredikat pelayanan sangat baik.

Salah satu diantaranya satwil yang mendapatkan adalah . Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, bahwa diera perkembangan teknologi informasi pada era revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, pelayanan publik saat ini harus meninggalkan budaya lama yang tidak baik.

“Dewasa ini, dengan semangat reformasi birokrasi, pelayanan kepada masyarakat harus baik, cepat, tidak berbelit-belit, ramah dan responsif,” katanya, Jumat 11 Maret 2022.

Untuk itu, kata Susatyo, yang menjadi motivasi pelayanan di ini jauh lebih baik yaitu karena Polresta Bogor Kota memiliki niat agar ruangan di kantor Polresta ataupun di jajaran polsek adalah ruangan untk masyarakat.

“Sehingga masyarakat bisa lebih  memiliki atau menjadikan polisi menjadi bagian dari kegiatan kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Atas apa yang dilakukan itu Polresta Bogor Kota mendapat berbagai . Perhargaan juara 1 dan nilai a dalam pelayanan prima di Polresta Bogor Kota ini, didapatkan atas pelayanan yang lebih baik dibidang SIM dan SKCK.

ini diraih Polresta Bogor Kota setelah dilakukan hampir selama setahun oleh tim dari Kemenpan-RB melalui uji fisik.

Susatyo Purnomo Condro mengatakan, bahwa sejak awal Polresta Bogor Kota berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di wilayah hukum Kota Bogor, guna meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang mengakses pelayanan di Polresta Bogor Kota.

“Ada enam aspek yang dinilai pada pelayanan publik ini yaitu masalah kebijakan pelayanan profesionalisme SDM, sarana dan prasarana sistem informasi pelayanan publik konsultasi dan pengaduan serta inovasi yang dibuat oleh satuan tersebut,” katanya.

Selain pelayanan prima di kantor Polresta Bogor Kota, jajaran polsek Susatyo juga membuat berbagai program terobosan untuk memberikan pelayanan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masryarakat.

“Yang menjadi fokus kami adalah menghadirkan polisi lebih banyak di masyarakat sehingga masyarakat bisa dekat dengan polisi dan juga bisa mencegah dan menangani kejahatan-kejahatan street crime yang meresahkan sehingga masyarakat aman dalam berkegiatan,” ucapnya.

Sementara itu, Kabag Rencana Kompol Sri M mengatakan, pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat ini menjadi poin penting dari satuan yang dinilai berkomitmen untuk melakukan perubahan di dalam memberikan pelayanan yang kepada masyarakat.

Sehingga raihan tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi satuan ketika para petugas hadir di tengah-tangah masyarakat untuk memberikan pelayanan.

“Bapak Kapolresta selalu memberikan motivasi dan penekanan penekanan ini kepad aseluruh anggota Polresta Bogor Kota dimana dalam tugas pelayanan ini tidak bersifat sektoral. Seluruh anggota dibagian apapun  bertugas wajib utk memberikan pelayanan yang baik dan selalu hadir ditengah tengah masyarakat,” ujarnya.

Komitmen tersebut selalu ditanamkan oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo condro kepada anggota Polreata Bogor Kota.

Disamping itu komitmen pelayanan itu juga bukan hanya dalam kehadiran anggota dilapangkan tetapi berkomitmen untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masy dalam meerima layanan terutama di SPKT, SKCK maupun SIM.

“Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya sentra pelayanan publik terpadu Parama Satwika , yang mana di dalam sentra ini masy dapat melakukan layanan surat kehilangan atau pembuatan LP, pembuatan atau perpanjangan SKCK, layanan Dumas Terpadu, besuk tahanan melalui virtual dan layanan layanan khusus perempuan DNA anak. Dilengkapi dengan ruang tunggu, area bermain anak dan toilet yang nyaman dan bersih,” tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here