Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorSungai Cisarua Krodit, Camat akan Bentuk Satgas Lingkungan

Sungai Cisarua Krodit, Camat akan Bentuk Satgas Lingkungan

Bogordaily.net Cisarua Ivan Pramudia mengakui kondisi cukup memprihatinkan lantaran banyaknya tumpukan sampah berserakan di sepanjang sungai. Hal itu diketahui usai dirinya mengikuti aksi bersih-bersih atau gerebek sampah bareng Muspika Cisarua dan komunitas, pada Sabtu 5 Maret 2022.

“Iya, tadi setelah turun langsung timbunan sampahnya cukup luar biasa. Ini harus rutin kita lakukan agar bisa kembali normal,” kata Ivan Pramudia kepada wartawan.

Usai melihat kondisi sungai, Cisarua Ivan berencana membentuk berskala warga dan komunitas. “Sebetulnya DLH sendiri sudah membentuk satgas setiap kecamatan, tapi hanya 2 orang. Jiga tidak menyalahi aturan, kami berencana membentuk satgas secara swadaya dari teman-teman Ormas, OKP dan induknya ada di Karang Taruna, mereka patroli sungai yang gerak, kita pantau dan support kegiatan-kegiatan itu,” ujarnya.

Selain itu, dirinya meminta kesadaran masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sungai. Sebab, kata dia, sungai itu merupakan sumber kehidupan yang harus betul-betul dijaga dengan baik dan harus dilestarikan.

“Ini kita edukasi kepada masyarakat, sehingga Cisarua bersih. Kita harapkan lebih baik, tadi kita sudah lapor muspika dan kapolsek, bahwa nanti kedepannya memberikan sanksi, karena membuang sampah ke sungai ada sanksi mulai sanksi denda hingga sanksi pidana,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Cisarua Kompol Supriyanto mengatakan, memang berbicara lingkungan itu sudah ada Perda-nya. Untuk itu, Ia mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan dengan baik.

“Nanti ada salah satu tim kebersihan yang akan mengawasi mereka dibentuk oleh muspika dan kesepakatan masyarakat. Kita pun akan turun langsung,” ucapnya.

 

Heri Supriatna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here