Friday, 3 May 2024
HomeNasionalSyarat Mudik Lebaran 2022 Naik Pesawat, Cek di Sini!

Syarat Mudik Lebaran 2022 Naik Pesawat, Cek di Sini!

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan syarat lebaran 2022. Pada pelaksanaannya ditekankan agar seluruh pemudik sudah vaksin booster dan jika belum harus mengikuti syarat-syarat yang ditetapkan pemerintah. Lalu bagaimana syarat lebaran 2022 naik pesawat? Pemudik yang menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, dan kapal juga harus memenuhi syarat. Sebagaimana dilansir dari Suara.com, berikut syarat lebaran 2022 naik pesawat.

Masyarakat diperbolehkan . Pengumuman itu sudah dirilis sejak Kamis, 24 Maret 2022.  Namun, ada syarat lebaran 2022 yang harus dipatuhi.

Bersamaan dengan pengumuman itu ditegaskan sertifikat vaksin booster menjadi syarat wajib dalam aturan lebaran tahun 2022. Tentu saja, sudah divaksin booster juga menjadi syarat lebaran 2022 naik pesawat.

Lalu bagaimana kalau belum mendapatkan vaksin booster atau bahkan belum mendapatkan vaksin covid-19?  Bagaimana cara supaya masyarakat bisa ?

Orang yang belum mendapatkan vaksin booster atau vaksin dosis lengkap juga diperbolehkan , asalkan dapat menyertakan hasil tes PCR dan antigen. Rinciannya sebagai berikut:

  • Pemudik yang sudah divaksin dosis pertama tapi belum vaksin dosis kedua, diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat tes PCR dengan hasil negatif.
  • Pemudik yang sudah divaksin dosis lengkap dan belum vaksin booster, diwajibkan untuk menyertakan sertifikat hasil tes antigen dengan hasil negatif.

Sehubungan dengan kebutuhan vaksin booster untuk perjalanan mudik, pemerintah menyiapkan posko vaksinasi. Nantinya, masyarakat dapat melakukan vaksin di berbagai tempat-tempat khusus seperti terminal, stasiun, dan bandara.

Aturan syarat mudik lebaran 2022 naik pesawat ini memang belum dicantumkan secara resmi dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan dan SE Satgas Penanganan Covid-19. Namun, aturan resmi terkait syarat perjalanan mudik ini akan segera dituangkan dalam kedua surat tersebut.

Sejauh ini, pemerintah telah menyiapkan stok vaksinasi dosis kedua sampai ketiga atau vaksin booster untuk empat bulan mendatang. Sehingga, sebelum perjalanan mudik berlangsung, Anda bisa melakukan vaksin booster terlebih dahulu. Presiden mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah kenaikan kasus covid-19.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here