Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalTerdepan! Semua Kantah di Wilayah Provinsi Gorontalo Gunakan Aplikasi LoketKu

Terdepan! Semua Kantah di Wilayah Provinsi Gorontalo Gunakan Aplikasi LoketKu

Bogordaily.net – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi meluncurkan aplikasi untuk mengurus berkas pertanahan secara digital, Selasa 8 Maret 2022.

Guna melaksanakan visi dan misi Kementerian ATR/BPN yaitu dengan membangun Kantor Pertanahan (Kantah) yang maju dan modern juga berstandar dunia, semua sudah menyiapkan layanan online melalui aplikasi , demikian disampaikan Kepala Kakanwil BPN Gorontalo, Ery Juliani Pasoreh, SH., M.Si.

Menurutnya, seluruh Kantah di wilayah Kanwil BPN Provinsi Gorontalo sudah menggunakan aplikasi .

“Di antara 6 Kantah yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo, yang paling banyak menggunakan aplikasi adalah Kantah Kota Gorontalo dengan jumlah penggunaan sebanyak 300 pemohon,” ungkapnya.

Ery JP sapaan akrab Kakanwil BPN Provinsi Gorontalo menyebut aplikasi merupakan bagian dari perjalanan transformasi digital dalam hal keterbukaan informasi publik.

Melalui aplikasi itu, kata Ery, pemohon bisa dengan mudah, cepat, dan praktis mendapatkan informasi terkait pertanahan, tata ruang, dan lain-lain. Contohnya konten yang dibuat oleh Kantah Kota Gorontalo terkait agar pemohon lebih paham tata caranya melalui link berikut https://www.instagram.com/reel/CXIfQqYADyi/?utm_medium=copy_link

Dikatakan, dengan adanya aplikasi , pemohon juga bisa langsung mendaftar dan mengunggah dokumen secara elektronik dari rumah masing-masing.

LoketKu

“Jadi sekarang cukup mengajukan lewat website atau aplikasi dan hasilnya dapat dikirim secara elektronik melalui email masing-masing, dan juga dapat dipantau secara elektronik,” tuturnya.

Ery menjelaskan, dalam aplikasi tersebut terdapat juga fitur chat interaktif yang memungkinkan pemohon berkomunikasi dengan petugas di Kantah secara online, sampai berkas terverifikasi dan layak untuk datang ke kantor pertanahan.

Kemudian, pemohon juga bisa menggunakan fitur antrean online, sehingga bisa memilih waktu sendiri yang sesuai untuk bisa berkunjung ke Kantah.

“Diharapkan dengan aplikasi ini pemohon yang ada di wilayah provinsi Gorontalo bisa lebih terkontrol dan hanya cukup sekali datang saja ke Kantah dan dengan aplikasi , di Kantah Kantah tidak akan ada lagi antrean yang banyak,” pungkasnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here