Sudah Satu Tahun, Jalan Lembur Sawah Masih Terbengkalai Usai Longsor

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Kota Bogor · 14 Mar 2022 20:05 WIB

Waduh! Sudah Satu Tahun, Jalan Lembur Sawah Masih Terbengkalai Usai Longsor


 Kondisi Jalan Lingkungan di Kampung Lembur Sawah, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang longsor terjadi pada tahun 2021 lalu. (Heri/Bogordaily.net) Perbesar

Kondisi Jalan Lingkungan di Kampung Lembur Sawah, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang longsor terjadi pada tahun 2021 lalu. (Heri/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sudah satu tahun Jalan Siunting atau Jalan Lembur Sawah, yang berlokasi di RT 03/RW 02, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan dalam kondisi longsor yang hingga kini belum juga diperbaiki oleh Pemerintah Kota Bogor melalui dinas terkait.

Padahal, jalan tersebut merupakan akses satu-satunya warga di Kampung Lembur Sawah untuk hilir mudik dari satu tempat ke tempat lain. Namun apa daya, dengan kondisi seperti itu warga pun harus ekstra hati-hati saat melintas.

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net, Senin sore, 14 Maret 2022, terlihat longsoran di jalan itu nyaris menghabisi setengahnya dari ruas jalan tersebut. Kemudian, terlihat juga dari longsoran jalan itu mengikis hingga kadalaman 12 meter dengan panjang kurang lebih 10 meter, dan lebar sekitar 2 meter.

Menurut penuturan warga setempat, Cucun (51 tahun), longsor yang terjadi di wilayahnya itu sudah ada satu tahun yakni di tahun 2021. Namun dirinya tidak tahu percis bulan apa longsor tersebut terjadi. Yang pasti dibenak dirinya, longsor itu terjadi satu hari setelah ada pengaspalan jalan dan terjadi pada malam hari, sekitar pukul 21.30 WIB.

“Kalua bulannya saya lupa. Tapi saat kejadian, terjadi satu hari setelah selesai pengaspalan,” ungkap Cucun kepada Bogordaily.net, di lokasi kejadian.

Cucun yang juga menjabat Ketua RT 03 itu pun menjelaskan, kejadian longsor ini disebabkan karena kontur tanah yang labil, kemudian disebabkan pula setelah adanya pengaspalan yang kemungkinan beban menjadi lebih berat yang disertai hujan saat kejadian.

Jalan Lembur Sawah

Ketua RT 03, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Cucun.(Heri/Bogordaily.net)

“Kalau kita lihat kedalamannya itu kurang lebih 12 meter, kemudian panjang longsoran sekitar 10 meter dan lebarnya sekitar 2 meter. Terus dibawahnya itu ada kali yaitu kali Cinala yang mengalir ke daerah Cibereum hingga kawasan BNR,” terangnya.

Selain itu, Cucun juga membeberkan, pasca kejadian aparatur wilayah mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan sudah meninjau lokasi. Bahkan, dinas terkait sudah melihat langsung kondisi jalan yang longsor ini. Namun, usai ditinjau jalan longsor ini belum ada kepastian kapan akan diperbaiki kembali.

Masih kata dia, dengan longsor jalan ini membuat warga was-was dan hati-hati saat melintas, apalagi untuk kendaraan roda empat.

“Ini akses satu-satunya warga untuk melintas, jadi kami berharap jalan yang longsor ini seger diperbaiki, agar masyarakat terutama yang memiliki kendaraan bisa lebih nyaman saat melintas,” harapnya.

Terpisah, Camat Bogor Selatan Hidayatulloh mengatakan, jalan longsor di Lembur Sawah ini terjadi pada Mei tahun 2021 lalu. Namun pasca kejadian, pihaknya mengaku tidak tinggal diam melainkan langsung membuat laporan sekaligus mengusulkan bantuan melalui program Bantuan Tak Terduga (BTT).

Tetapi, kali itu, lanjut Camat, apa yang diusulkan tidak bisa diintervensi melalui program tersebut lantaran setelah di cek dan dihitung oleh tim konsultan dari PUPR membutuhkan biaya yang cukup besar yakni hampir Rp 1 miliar, sehingga harus melalui proses lelang dan rencananya akan diperbaiki di tahun 2022 ini oleh Dinas PUPR Kota Bogor.

“Jadi waktu 2021 itu sudah kita usulkan, tapi kata Pak Chusnul (Kepala Dinas PUPR) ini harus melalui proses lelang, jadi kemungkinan dianggarkan tahun 2022 ini,” kata Hidayatulloh kepada Bogordaily.net.

Namun begitu, sambung Hidayatulloh, dirinya belum bisa memastikan atau belum mendapat informasi lebih lanjut kapan jalan longsor ini kembali diperbaiki. Tetapi, kata dia, berdasarkan informasi dari dinas terkait akan diperbaiki di tahun ini juga.

“Jadi kami aparatur wilayah sifatnya menunggu dan mudah-mudahan rencana perbaikan di tahun 2022 ini bisa terealisasikan dengan baik,” pungkasnya.*

(Heri Supriatna)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Sukses, Kodim 0606/Kota Bogor Gelar Fun Run 2022

13 Agustus 2022 - 15:58 WIB

Peltu Ridwan Dampingi Pemberian Imunisasi Anak Nasional

13 Agustus 2022 - 15:42 WIB

Koptu Andry H Hadiri Kegiatan Santunan Anak Yatim

13 Agustus 2022 - 13:47 WIB

Kodim 0606 Melalui Babinsa Kelurahan Mulyaharja Hadiri Lomba MTQ

13 Agustus 2022 - 13:27 WIB

Serda Dedi Jumaedi Dampingi Kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu

13 Agustus 2022 - 13:15 WIB

Jelang HUT RI ke-77, Warga Antusias Mengisi Lomba Kemerdekaan

13 Agustus 2022 - 11:53 WIB

Trending di Kota Bogor