Friday, 3 May 2024
HomeViralWarga Cirebon Dihebohkan Penemuan Makhluk Kecil Setinggi 5 CM Mirip Tuyul

Warga Cirebon Dihebohkan Penemuan Makhluk Kecil Setinggi 5 CM Mirip Tuyul

Bogordaily.net – Heboh makhluk kecil setinggi 5 cm  mirip di Blok Kemaen Desa Buyut Kecamatan Gunung jati Kabupaten Cirebon, Pihak Kepolisian memastikan itu adalah Hoax.

Video nya sempat viral di berbagai media sosial dan Youtube. Dalam Video warga berkerumun melihat mahluk kecil yang dimasukkan kedalam botol air mineral dan warga sekitar menyebutnya .

Kapolsek Gunung Jati AKP Abdul Majid dalam keterangannya menyebutkan informasi tertangkap di Desa Buyut, sebenarnya hanya boneka yang ditemukan anak-anak di pinggir jalan.

Setelah menemukan boneka itu, oleh mereka dimasukan ke dalam sebuah botol dan ditunjukkan kepada warga setempat termasuk orang dewasa.

Saat itu, ada yang merekam dan menyebut . Kemudian videonya disebar hingga viral di media sosial.

“Itu boneka, yang nemuin pertama juga anak-anak dan sudah dimusnahkan,” ungkap Kapolsek, Senin, 28 Maret 2022.

Dijelaskan Kapolsek, boneka tersebut terjadi pada Hari Jumat, 25, Maret 2022 sekitar pukul 13.00 WIB.

Ini pesan juga buat masyarakat. Bahwa jangan langsung mempercayai informasi yang beredar,” katanya.

Kapolsek menambahkan, masyarakat di Desa Buyut, Kecamatan Gunungjati juga kondusif.

Menurutnya, Polsek Gunungjati melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak percaya pada sesuatu yang belum jelas kebenarannya.

“Ya kita melakukan edukasi kepada masyarakat agar tidak terlalu mempercayai terhadap sesuatu yang belum jelas kebenarannya,” katanya.

Pihaknya juga melakukan komunikasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat agar Selalu mencermati terhadap informasi hoax.

Kemudian, memberdayakan fungsi bhabinkamtibmas dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat, dalam membentuk dan menjaga kamtibmas yang kondusif di lingkungan masyarakat.

Sebelumnya, salah seorang warga di desa setempat, Suwardi (80), benda diduga ‘' itu pertama kali ditemukan oleh anak kecil saat bermain di dekat selokan. “Jadi ketika menemukan benda itu, si anak bilang ‘itu , itu ',” kata Suwardi saat ditemui di lokasi.

Sontak, sejumlah warga yang kebetulan berada tidak jauh dari anak itu pun akhirnya mendekat untuk melihat benda tersebut. Sebagian warga bahkan ada sempat merekam peristiwa itu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Suwardi akhirnya berinisiatif membawa benda yang diduga ‘' itu ke rumahnya untuk diamankan.

Kemudia, ia sempat membakar boneka mirip tuyul tersebut memastikan juga itu adalah boneka mainan yang bentuknya mirip tuyul berdasarkan cerita masyarakat.

“Saya bakar langsung biar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan,” katanya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here