Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalYakin Singa Adalah Raja Hutan? Ini Dia Beberapa Hewan yang Bisa Mengalahkan...

Yakin Singa Adalah Raja Hutan? Ini Dia Beberapa Hewan yang Bisa Mengalahkan Singa

Bogordaily.net – Singa kerap dijuluki sebagai raja hutan. Penampilannya yang terkesan gagah dan perilakunya yang buas menyebabkan ini begitu disegani oleh manusia. Namun, ada beberapa yang terntaya bisa mengalahkan singa.

Namun hal tersebut tidak lantas menjadikan sang raja hutan sebagai yang tidak memiliki kelemahan. Beberapa diketahui cukup kuat untuk membunuh singa jika harus terlibat perkelahian melawan singa.

Berikut ini adalah contoh-contoh tersebut.

1. Gajah

Gajah merupakan darat terbesar di dunia. Tidak mengherankan jika kemudian tidak sembarang berani mengusik gajah. Tak terkecuali singa.

Gajah bisa membela diri dengan cara berlari sambil menyeruduk lawannya. Ukuran gajah yang besar menyebabkan apapun yang tertabrak oleh gajah bakal menderita luka parah atau bahkan tewas.

Gajah juga bisa menggunakan gadingnya yang panjang untuk menusuk lawannya.

Gajah semakin sulit dikalahkan oleh lain karena gajah juga memiliki kebiasaan untuk hidup berkelompok.

Meskipun gajah nampaknya tidak terkalahkan, bukan berarti sang raja hutan sama sekali tidak bisa mengalahkan gajah. Tidak jarang ada anak gajah yang terpisah dari rombongannya. Anak gajah inilah yang diincar oleh singa karena anak gajah masih belum sekuat dan sebesar gajah dewasa.

3. Buaya

Bentuk tubuh yang besar dan moncongnya yang penuh dengan gigi tajam menyebabkan buaya bisa membunuh makhluk apapun yang berada di dekatnya.

Kelebihan utama buaya yang menyebabkannya begitu ditakuti adalah karena ini merupakan hewan yang mahir berenang. Buaya memiliki kebiasaan untuk mengapung di permukaan sungai atau danau.

Saat ada hewan yang masuk ke sungai untuk menyeberang atau sekedar ingin minum di tepi sungai, buaya akan mendekati hewan tersebut secara perlahan-lahan.

Hewan yang digigit oleh buaya jelas akan meronta-ronta. Supaya mangsanya berhenti melawan, buaya akan langsung menyeret mangsanya masuk ke dalam air.

Buaya sendiri normalnya enggan menyerang singa dan lebih suka menyerang hewan herbivora. Bukan karena singa memiliki cakar atau gigi yang tajam, tapi karena singa bisa menghindar dengan amat cepat jika merasakan adanya bahaya.

Meskipun begitu, buaya akan tetap menyerang singa jika makanan sedang sulit didapat. Kasus buaya menyerang singa sendiri ternyata merupakan kasus yang cukup sering terjadi. Pasalnya saat sedang minum, singa menjadi lebih sulit melihat kondisi sekelilingnya sehingga mereka jadi lebih mudah disergap oleh buaya.

4. Badak

Badak adalah hewan yang mudah dikenali dengan melihat cula di kepalanya. Cula tersebut memiliki banyak fungsi bagi badak.

Saat sedang mencari makan, badak bisa menggunakan culanya untuk menggali tanah, mematahkan ranting, serta merobohkan pohon kecil.

Fungsi cula badak yang paling terkenal adalah sebagai alat pertahanan diri. Jika badak merasa terganggu, maka badak akan berlari ke arah lawannya sambil menyerudukkan tanduknya. Hewan yang ditabrak oleh badak dijamin bakal terluka parah.

Badak juga tergolong sebagai salah satu hewan terbesar di Afrika. Jika dibandingkan dengan singa, badak memiliki bobot 5 kali lebih berat dibandingkan sang raja rimba. Dengan melihat hal-hal tersebut, tidak mengherankan jika kemudian tidak banyak hewan yang berani mengusik badak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here