Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaYuk, Jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa di Masa Pandemi dengan Cara...

Yuk, Jaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa di Masa Pandemi dengan Cara Berikut Ini

Bogordaily.net–  Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat sangatlah penting agar tetap bisa menjalankan puasa. Terlebih di masa yang menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Agar puasa dan ibadah lainnya tetap berjalan lancar, tubuh tentu harus selalu dijaga. Nah, dikutip dari Aladokter.com, berikut ini cara yang dapat dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga terutama di tengah Covid-19.

Konsumsi makanan bergizi

Mencukupi asupan nutrisi melalui makanan bergizi dan konsumsi buah sesuai porsi harian yang dianjurkan bisa memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi kuman. Makanan yang bergizi baik untuk menutrisi dan memberikan tenaga bagi tubuh selama berpuasa.  Beberapa nutrisi yang perlu dicukupi asupannya mencakup karbohidrat, protein, serat, serta berbagai vitamin dan mineral. Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih.

Olahraga secara rutin

Meski sedang berpuasa, bukan berarti bisa bermalas-malasan dan tidak berolahraga. Sebuah penelitian menyatakan bahwa olahraga secara rutin di bulan justru bisa memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi sistem imun dalam melawan infeksi kuman. Daya tahan tubuh yang kuat tentu sangat penting di masa Covid-19 untuk melindungi tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus Corona. Luangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit, 3–5 kali dalam seminggu. Anda juga bisa melakukannya 1 jam setelah berbuka puasa. Namun, tidak dianjurkan untuk olahraga secara berlebihan mendekati jam tidur karena bisa membuat sulit tidur.

Cukupi waktu tidur

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga, tidur malam yang cukup minimal 7 jam juga tidak boleh dilewatkan. Apalagi ketika bulan puasa, Anda perlu bangun lebih cepat untuk menyiapkan sahur. Untuk menyiasatinya, tidurlah lebih awal. Sebab, kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga risiko untuk terkena Covid-19  bisa lebih besar.

Kelola stres

Covid-19 menimbulkan rasa cemas dan kekhawatiran bagi sebagian orang. Padahal, stres justru bisa memicu terjadinya peradangan dalam tubuh sehingga memengaruhi daya tahan tubuh. Oleh karena itu, untuk memiliki tubuh yang kuat, perlu mengelola stres dengan baik. Cobalah lakukan berbagai kegiatan untuk melepas stres, misalnya berolahraga atau melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Lengkapi kebutuhan nutrisi dengan buah-buahan

Konsumsi buah saat sahur dan berbuka selama bulan sangat penting karena dapat memberikan tambahan energi dan menjaga tubuh tetap sehat saat berpuasa, terutama di tengah yang masih belum usai. Buah kaya akan vitamin dan mineral serta antioksidan yang baik. Porsi buah yang dianjurkan adalah 2–3 buah per hari atau setara dengan 150 gram.

Selain buah segar, jus buah juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian saat puasa. Porsi jus buah yang disarankan adalah 1 gelas jus buah per hari. Anda dapat mengonsumsi jus buah tersebut saat sahur atau berbuka.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here