Tuesday, 7 May 2024
HomeBerita4 Cara Mudah Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini

4 Cara Mudah Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini

Bogordaily.net – Memberikan pengetahuan agama kepada anak-anak perlu dilakukan sejak dini. Selain solat, adalah salah satu ibadah umat Islam yang perlu diajarkan kepada orang tua. Cara mudah mengajarkan anak pun harus dilakukan dengan sabar dan perlahan.

Tanamkan juga manfaat yang bisa didapatkan saat si Kecil mau melakukannya. Dengan begitu, dia tahu bahwa semua yang dia lakukan tidaklah sia-sia.

Mengajarkan kepada si Kecil tentunya bisa disesuaikan dengan gaya mendidik yang Anda terapkan. Anda pun bisa mengikuti cara-cara di bawah ini untuk memulai anak berpuasa.

Berikut penjelasannya:

1. secara bertahap

Sesuatu yang besar memang harus diajarkan secara bertahap. Begitu juga mengajarkan untuk anak. Anda bisa kok memulai dengan memberikan anak berpuasa dari waktu yang paling pendek. Sebut saja 3—4 jam terlebih dahulu.
Waktu mulai pun bisa ditentukan kemudian.

Misalnya membangunkan anak untuk sahur pukul 05.00 pagi dan melakukan hingga pukul 09.00. Lalu, lanjutkan dengan memperpanjang waktunya menjadi 04.30 sampai dengan 10.00.

Ubah selalu jadwal setiap 2—3 hari. Jadi, tubuh anak pun menjadi lebih terbiasa saat menjalaninya. Anda pun bisa memberikan kesempatan berpuasa setengah hari sampai pukul 12.00 siang, lalu melanjutkannya hingga waktu berbuka.

2. Berikan makna baik di baliknya

merupakan ibadah baik dan menyehatkan. Tugas Anda sebagai orang tua untuk menyampaikan ini kepada si kecil.

Ceritakan semua hal baik yang bisa didapatkan dengan melakukan puasa.
Karena itu, Anda yang harus membekali diri dengan dengan informasi tentang puasa.

Perbanyaklah membaca informasi tentang puasa yang benar. Lalu, sampaikan kepada anak dengan baik.

3. Mengapresiasinya

Yakinlah bahwa anak juga menjalankan puasa dengan sekuat tenaga. Karena itu, Anda harus memberikan apresiasi kepada. Dukung mereka atas segala yang sudah dia lakukan.

Mau mulai puasa dari 4 atau 5 jam pun tidak masalah. Jikalau mereka akhirnya tidak kuat, tetap berikan apresiasi kepada mereka. Hindari memarahi anak saat mereka tidak menjalani puasa. Namun, kembali berikan pengetahuan yang baik kepada mereka. Itu juga jadi bentuk apresiasi kepada anak, loh.

4. Berikan hadiah lebaran

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa reward lebaran ini menjadi sesuatu yang buruk buat anak. Namun, sebenarnya tidak selamanya benar.

Ada kalanya, reward ini jadi pelecut semangat anak untuk mulai menjalani puasa Ramadan full satu bulan penuh.

Mengajarkan anak puasa sejak dini bisa membuat dia lebih disiplin. Sebagai orang tua, Anda perlu memberikan pemahaman yang baik kepada si Kecil. Beri tahu mereka juga manfaat puasa yang bisa didapatkan saat menjalaninya dengan sungguh-sungguh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here