Monday, 29 April 2024
HomeBerita4 Penyebab Muncul Uban di Usia Muda yang Harus Diketahui

4 Penyebab Muncul Uban di Usia Muda yang Harus Diketahui

Bogordaily.net – Sebuah ulasan yang terdapat di dalam Current problems in dermatology (2015), disebutkan bahwa genetika dan lingkungan dapat memengaruhi pori-pori tempat tumbuhnya rambut dan melanosit atau sel pigmen rambut. Hal inilah yang dapat menjadi penyebab uban di usia muda.

Akan tetapi, faktor adalah satu di antara beberapa faktor ubanan di usia muda. Kira-kira, apa faktor lain yang menyebabkan kita ubanan di usia muda, ya?

Dilansir dari Hello Sehat, berikut 4 penyebab mucul uban di usia muda :

1. Stres

Dalam studi Nature Medicine yang dilakukan pada tikus, terdapat keterkaitan antara stres dengan penipisal sel induk di folikel rambut.

Maka dari itu, ditarik kesimpulan bila stres dapat membuat rambut memutih lebih cepat dibanding keadaan yang seharusnya.

Stres yang dialami akan menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antioksidan yang kemudian dapat menyebabkan kerusakan pada sel rambut kita.

2. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 ini mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan sel rambut. Tubuh kita membutuhkan vitamin B12, terutama untuk sel darah merah yang nantinya akan bekerja membawa oksigen ke sel-sel di tubuh kita, termasuk sel-sel rambut.

Kekurangan vitamin inilah yang menyebabkan kita cepat beruban di usia muda. Sebab, kekurangan vitamin B12 dapat melemahkan sel-sel rambut serta memengaruhi produksi pigmen pemberi warna pada rambut.

3. Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of clinical endocrinology and metabolism pada tahun 2008, penurunan hormon tiroid bisa menjadi salah satu penyebab munculnya uban di usia muda.

Hal ini dikarenakan, hormon tiroid T3 dan T4 berperan langsung pada folikel rambut, yang di mana bekerja untuk meningkatkan melanogenesis, yakni produksi sel penghasil pigmen rambut (melanin). Sementara itu, kelenjar tiroid yang kurang dapat membuat tubuh lebih sedikit dalam memproduksi melanin.

4. Efek Samping Konsumsi Obat

Obat antimalaria serta kemoterapi diduga dapat memperlambat kerja reseptor tirosin kinase c-kit yang ada di dalam melanosit, yang menjadi penyebab uban di usia muda.

Selain itu, sebuah ulasan dalam jurnal Lupus (2009) juga menemukan keterkaitan antara penggunaan obat klorokuin yang secara signifikan dapat mengurangi produksi melanin pada rambut.

Itulah beberapa faktor penyebab kita sudah beruban di usia muda. Walau begitu, kita tidak perlu khawatir. Sebab, kita dapat mengatasi masalah penampakan uban ini dengan mewarnai atau mengecat rambut.

Namun, pewarna rambut ini hanya bersifat menyamarkan, dan tidak dapat menembus kutikula yang menyebabkan warna tersebut dapat hilang sewaktu-waktu. Semoga artikel ini bermanfaat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here