Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSelain Jadi Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Santan bagi Rambut

Selain Jadi Bumbu Masak, Ini 5 Manfaat Santan bagi Rambut

Bogordaily.net – Selain digunakan jadi masakan, manfaat santan bagus bagi . Santan bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk merawat .

Kamu bisa menggunakan santan tersebut secara langsung sebagai masker ataupun mencampurkannya terlebih dulu dengan beberapa bahan diantaranya minyak zaitun, lemon, atau madu.

Dilansir dari laman Sehatq, berikut 5 manfaat santan bagi :

1. Melembapkan dan Kulit Kepala

Santan memiliki kandungan asam lemak di dalamnya yang berfungsi sebagai pelembap alami . Sekain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat untuk memperbaiki dan kulit kepala yang kering disertai gatal.

Santan membuat dan kulit kepala menjadi lembap, sehingga akan tumbuh dengan sehat dan cepat.

2. Mengurangi Ketombe

Santan memiliki kandungan zat antiradang. Kandungan ini dapat membantu mengurangi ketombe pada . Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan santan secara langsung.

Selain itu, kamu juga bisa memilih menggunakan sampo anti ketombe yang mengandung santan kelapa dan zat lain, seperti pyrithione zinc.

3. Mencegah Kerontokan

Manfaat lain yang dimiliki santan untuk rambut adalah memperkuat kutikula sehingga rambut tidak mudah rontok. Hal ini berkat adanya kandungan asam laurat yang cukup tinggi yang terkandung dalam santan.

Selain itu, berdasarkan studi pada jurnal Dermatology and Therapy, santan kelapa juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu mencegah kerontokan rambut.

4. Mengatasi Rambut Bercabang

Kelapa dan juga ekstraknya termasuk santan diyakini dapat mengatasi rambut bercabang dan kerusakan rambut lainnya.

Selain itu, dengan pemakaian santan secara rutin pada rambut dapat meminimalisir hilangnya protein pada rambut. Santan juga diketahui mampu mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar UV.

5. Menutrisi Rambut

Beragam kandungan zat dalam santan sangat bermanfaat untuk membantu menutrisi rambut. Kandungan asam lemak jenuh atau asam laurat yang cukup tinggi pada santan mampu memperkuat kutikula rambut.

Selain itu, santan juga memiliki beragam kandungan mikronutrien seperti zinc, fosfor, kalium, serta ragam vitamin, termasuk vitamin C, E, B1, B5, dan B6, yang mampu menjaga rambut tetap sehat, kuat, dan lembap.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here