Monday, 17 June 2024
HomeNasionalAntisipasi Kemacetan Arus Mudik, Kapolri Minta Masyarakat Gunakan Kendaraan Umum

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Kapolri Minta Masyarakat Gunakan Kendaraan Umum

Bogordaily.net – Guna antisipasi serta penumpukan kendaraan saat lebaran nanti, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat menggunakan kendaraan umum untuk tahun ini ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.

Selain program mudik gratis yang banyak digelar instansi pemerintah, Sigit juga menawarkan mudik melalui kereta api yang diklaim lebih nyaman dan bebas dari .

“Kita imbau kepada masyarakat untuk manfaatkan seluruh alternatif-alternatif, fasilitas serta moda transportasi yang dipersiapkan. Sehingga macet bisa dihindari,” kata Sigit, 22 April 2022.

“Kemarin kita melakukan pengecekan bahwa ada alternatif moda transportasi yang bisa dipilih seperti kereta api, yang saat ini juga menyiapkan tambahan kurang lebih 20 ribu tempat duduk setiap harinya. Sehingga ini bisa menjadi pilihan disamping juga moda udara,” sambungnya.

Jika memang memaksakan menggunakan kendaraan pribadi, Sigit kemudian mengingatkan masyarakat untuk bisa menggunakan jalur alternatif ketimbang jalur utama seperti tol trans Jawa.

“Jalur-jalur alternatif yang tentunya ini bisa digunakan untuk menjadi pilihan mudik yaitu, jalur alternatif Pantura dan Pantai Selatan yang saat ini dalam keadaan baik dan siap digunakan sebagai pilihan alternatif jalur mudik,” jelasnya.

Sigit menambahkan, dirinya sudah memerintahkan seluruh personel untuk siaga menjaga posko pengamanan di sepanjang jalur mudik yang akan dilintasi masyarakat nantinya.

“Saya berpesan mulai hari ini seluruh personel untuk segera di lapangan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan,” tuturnya.

Diketahui, dalam mengamankan dan balik Lebaran, sebanyak 144.392 personel gabungan dikerahkan. Seluruh personel tersebut akan mengisi 2.702 posko yang terdiri dari 1.710 pos pengamanan, 734 pos pelayanan, dan 258 pos terpadu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here