Friday, 29 March 2024
HomeNasionalBanten Diguncang Gempa Berkekuatan 5 Magnitudo, Getaran Terasa Hingga Bogor dan Bekasi

Banten Diguncang Gempa Berkekuatan 5 Magnitudo, Getaran Terasa Hingga Bogor dan Bekasi

Bogordaily.net– Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5 terjadi di Bayah, . Gempa ini tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Terjadi Gempa yang melanda daerah Bayah provinsi pada hari ini 1 April 2022, pada pukul 11.54 WIB. menginformasikan kekuatan gempa kali ini sebesar 5,0 Magnitudo.

Pusat gempa berada di laut, tepatnya 20 km BaratDaya wilayah Bayah, dan memiliki kedalaman sekitar 10 Kilometer.

“Mag:5.0, 01-Apr-22 11:54:19 WIB, Lok:7.04 LS, 106.10 BT (Pusat gempa berada di laut 20 km BaratDaya Bayah), Kedlmn:10 Km,” demikian dikutip dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (), pada Jumat, 1 April 2022.

“Dirasakan (MMI) II-III Pelabuhan Ratu, II-III Sumur, II-III Malingping, I-II Ciuyah, I-II Saketi, I-II , I-II Bogor,” lanjut keterangan itu.

Dikutip dari situs , Skala I MMI (Modified Mercalli Intensity) berarti “Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang”.

Sementara, Skala II MMI “Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang”; Skala III MMI berarti “Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu”.

Namun dihimbau untuk masyarakat selalu tetap waspada akan adanya gempa susulan atau gempa lainnya yang bisa terjadi kapan saja.

“Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” demikian keterangan di situsnya.

Gempa bumi kali ini menurut efek getarannya terasa sampai daerah Bogor, Bekasi, dan sekitar wilayah Pelabuhan Ratu.

Sampai berita ini ditulis belum diketahui ada atau tidak nya korban jiwa dan kerugian yang disebabkan oleh gempa hari ini.

menghimbau warga jangan terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya tetap perhatikan kondisi sekitar.

Diharap masyarakat tetap tenang jangan menimbulkan kepanikan dengan catatan tetap dalam kondisi siap serta waspada, karena akhir-akhir ini daerah Nusantara sedang dilanda berbagai fenomena bencana alam.

Belum ada laporan mengenai dampak kerusakan atau ada-tidaknya korban akibat gempa ini.***

(Muhammad Rizki Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here