Bus Pariwisata Dilarang Digunakan Sebagai Angkutan Mudik

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Nasional · 13 Apr 2022 15:59 WIB

Bus Pariwisata Dilarang Digunakan Sebagai Angkutan Mudik


 Bus Pariwisata Tidak Boleh Disewa Saat Mudik. (kompastv/Bogordaily.net) Perbesar

Bus Pariwisata Tidak Boleh Disewa Saat Mudik. (kompastv/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Kendaraan bus pariwisata dilarang untuk disewa dan digunakan sebagai angkutan mudik. Pernyataan ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menyusul maraknya tawaran mudik menggunakan bus pariwisata.

Budi meminta masyarakat menghindari tawaran mudik dengan bus pariwisata. Pasalnya, angkutan mudik lebaran sudah diatur dengan bus-bus legal.

“Kalau bus pariwisata dipakai untuk disewa mudik juga tidak boleh, ini saya tegaskan. Kalau masih ada dan dengan tarif yang tidak sesuai, maka mohon pertimbangkan dengan baik kalau kecelakaan nanti,” kata Budi.

Lebih lanjut, Budi juga mengajak Organda bersama membangun komitmen untuk memberantas angkutan mudik yang ilegal.

Selain soal keselamatan, bus pariwisata tidak boleh memanfaatkan peluang dari banyaknya pemudik usai dua tahun pemerintah melarang mudik Lebaran.

“Saya ingatkan kembali jangan sampai terjadi demikian memanfaatkan peluang banyaknya masyarakat yang akan mudik tapi hal ini melanggar regulasi. Mudah-mudahan dari operator akan ada komitmen memberantasnya karena merugikan bus-bus lainnya juga yang sudah legal,” jelas Budi.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menuturkan, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan untuk angkutan Lebaran tahun 2022.

Salah satu persiapannya, mengkoordinasikan angkutan Lebaran dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), termasuk mengawasi rampcheck.

“Untuk angkutan Lebaran, seluruh sarana yang digunakan dari Jakarta telah siap beroperasi dan sudah memenuhi persyaratan teknis maupun laik jalan sebagaimana inspeksi keselamatan yang kami lakukan,” urainya.

Lebih lanjut Syafrin mengimbau seluruh operator bus untuk menyiagakan seluruh pengemudi yang akan ditugaskan pada masa mudik. Pengemudi harus sehat secara fisik, rohani, dan sudah tes urine serta kesehatan.

“Paling tidak dapat diidentifikasi apakah pengemudi tersebut dalam kondisi terbaik atau tidak. Kalau tidak siap, maka akan diminta pengemudi pengganti,” ucap Syafrin.

Sementara mengenai kesiapan administrasi, jajarannya bakal melakukan pengendalian lapangan.

“Kami minta PO untuk melengkapi dan melakukan kir perpanjangan uji berkala maupun kartu pengawasan. Kami harapkan di masa angkutan Lebaran ini sudah siap,” tandas dia.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Novel Baswedan Kaget Eks Pegawai KPK Jadi Pengacara Ferdy Sambo

28 September 2022 - 23:52 WIB

Demi Bela Istri Ferdy Sambo, Ini yang Dilakukan Eks Jubir KPK Febri Diansyah

28 September 2022 - 22:08 WIB

Jaksa Kasus Ferdy Sambo Bakal Disadap dan Diinapkan di Safe House

28 September 2022 - 17:59 WIB

Hindari Social Engineering, Pakar Keamanan Siber Imbau Masyarakat Tidak Asal Klik Link dan Install Aplikasi

28 September 2022 - 17:47 WIB

Berkas Perkara Pembunuhan Brigadir J Lengkap, Ferdy Sambo Cs Segera Diadili

28 September 2022 - 17:39 WIB

Edan! Kakek di Ngawi Bacok Istri Lalu Bunuh Diri Gara-gara Ditolak Bercinta

28 September 2022 - 17:29 WIB

Lampung
Trending di Nasional