Friday, 26 April 2024
HomeNasionalCiri-ciri Kucing Cacingan, Perhatikan Perilakunya!

Ciri-ciri Kucing Cacingan, Perhatikan Perilakunya!

Bogordaily.net – Sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami . Dalam dunia mamalia, merupakan salah satu dari sedikit parasit yang bisa dilihat secara mata telanjang oleh pemilik hewan, dan juga merupakan parasit yang biasanya ditemukan pada usus kecil.

Nah, kira-kira bagaimana, ya cara untuk membasmi pada kucing dan bagaimana kucing menularkannya? Yuk, simak informasi dibawah ini yang dilansir dari Purina.

Mengenal

pada kucing merupakan parasit yang menetap di usus halus, yang berkembang biak dengan menempelkan diri ke usus dan pecah menjadi serangkaian segmen.

Dalam segmen ini terkandung telur, yang nantinya dikeluarkan bersama tinja. memiliki bentuk pipih panjang dengan panjang yang bervariasi, tubuhnya tersegmentasi dan kepala dengan pengisap dan kait, yang membantu mereka untuk menempel pada usus kecil.

Tentunya Anda mungkin tidak akan melihat seperti itu, karena begitu mereka mulai tumbuh, segmen tubuh mereka terpisah dari yang lain. Segmen ini menyerupai butiran beras yang mungkin akan Anda lihat di bawah ekor kucing atau di kotorannya.

Penyebab Kucing Terkena

Kebanyakan kucing mendapat dari kutu. Banyak jenis larva cacing pita yang ditemukan pada kutu. Jika kucing Anda menelan kutu, maka larva cacing pita mulai tumbuh di dalam usus kucing Anda.

Selain itu, kucing juga bisa terkena cacing pita melalui tularan dari induknya atau jika mereka memakan kotoran yang mengandung cacing pita.

Apakah Manusia Bisa Tertular Cacing Pita?

Spesies cacing pita yang paling umum tidak menular ke manusia, tetapi ada spesies tertentu yang bisa menular ke manusia, terutama anak-anak. Diagnosis dan pengobatan yang tepat merupakan cara terbaik untuk mencegah manusia tertular cacing pita dari kucing.

Ciri-ciri

Kucing yang memiliki cacing pita akan menunjukkan perilaku berikut:

1. Menjilat anus

2. Menggigit atau menggaruk anus

3. Menyeret kaki belakang melintasi lantai dalam upaya untuk menggaruk area

4. Terdapat segmen cacing pita seperti nasi pada kotoran kucing

5. Penurunan berat badan, bahkan dengan nafsu makan yang meningkat

6. Coat yang kusam atau lusuh

Jika kucing Anda menunjukkan satu atau lebih perilaku diatas, segera hubungi dokter hewan Anda, ya!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here