Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorParah! DLH Abaikan Sampah Liar di Jalur Alternatif Kedungbadak

Parah! DLH Abaikan Sampah Liar di Jalur Alternatif Kedungbadak

Bogordailly.net – Aroma tak sedap menyengat tercium dari tumpukan sampah liar yang berserakan di bahu jalan , Kecamatan Tanah Sareal, .

Pantauan Bogordailly.net, Rabu, 13 April 2022 sekitar pukul 12.30 WIB, terlihat sampah-sampah yang berserakan itu di dominasi sampah rumah tangga dan sampah plastik.

Akibatnya, lokasi yang sebetulnya bukan semestinya untuk tempat sampah itu terlihat kumuh dan bau. Bahkan, saluran air yang ada di bawahnya tertutup sampah.

Dikonfirmasi, Lurah Kedung Badak, Karjono membenarkan kondisi tumpukan sampah yang terjadi di wilayahnya. Menurutnya, tumpukan sampah liar itu berada di RW13 dan memang sering terjadi.

“Jadi itu sampah-sampah yang berserakan dari mana-mana, yang lewat buangnya ke situ. Padahal kita sudah bersihkan sampah-sampah tersebut dengan dibakar, tapi kembali tempat itu dipenuhi sampah,” ungkap Karjono saat dikonfirmasi Bogordailly.net, Rabu, 13 April 2022.

Lurah yang biasa dipanggil Jhon ini menambahkan, bahwa selama ini pihaknya sudah berupaya dengan memasang plang larangan membuang sampah ke lokasi tersebut. Namun, plang larangan itu malah hilang entah tahu kemana.

“Kita sudah pasang plang di , tapi hilang seperti ada yang nyabut dan sampah kembali berserakan,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Karjono, berdasarkan informasi warga sampah-sampah tersebut tidak pernah diangkut oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sehingga, warga membersihkannya dengan membakar.

“Kalau tidak salah semenjak saya tugas di sini, baru satu kali diangkut oleh petugas DLH,” ucap Karjono yang sebelumnya menjabat Lurah di Kelurahan Muarasari, Kecamatan Bogor Selatan ini.

Terkait permasalahan sampah tersebut, dirinya mengaku sudah koordinasi dengan DLH.

“Kita sudah koordinasi, katanya nanti setelah lebaran akan diangkut, berikut memberikan bantuan bak sampah. Tapi saat ini pengurus sedang membahas soal tempatnya di mana,” tutup Karjono.*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here