Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorFakultas Teknik Informatika UIKA Bogor Miliki 5 Fasilitas Laboratorium Keilmuan

Fakultas Teknik Informatika UIKA Bogor Miliki 5 Fasilitas Laboratorium Keilmuan

Bogordaily.net, memiliki salah satu Fakultas unggulan. Yakni, . ini, memiliki yang mumpuni.

Kelima laboratorium keilmuan(laboratorium riset) yaitu meliputi Lab. NetComputing, Lab Innosoft/ Innovation Software (Lab Rekayasa Perangkat Lunak), Lab. Infosys (Lab Sistem Informasi), Lab. Geoinformatics (Lab di Bidang Geospasial), dan Lab IK-AI (artificial intelligence).

Lima tersebut memliki kegunaannya masing-masing. Kegunaan dari fasilitas labotarorium ini antara lain :

1. Rekayasa Perangkat Lunak

Laboratorium Innosoft (RPL) memiliki visi menghasilkan penelitian berkualitas di bidang sistem informasi yang berkontribusi pada peningkatan kualitas Program Studi.

Memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Sistem Informasi dan mengembangkan software yang inovatif untuk mendukung semua aktivitas manusia untuk kehidupan yang lebih baik. Mengembangkan dan mentransfer pengetahuan.

2. Sistem Informasi

Laboratorium Infosys memiliki visi yaitu menghasilkan penelitian berkualitas di bidang sistem informasi yang berkontribusi pada peningkatan kualitas Program Studi.

3. Net Centric Computing

Laboratorium NCC merupakan sarana yang memberikan layanan kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan praktikum, penelitian. Menyiapkan Sumber daya manusia yang mampu melakukan analisis perangkat Jaringan komputer

4. Geo-informatika

Geoinformatika adalah Ilmu pengetahuan terpadu berbasis spasial hasil kombinasi ilmu komputer,   teknologi informasi, RS-GIS, aplikasi database dan sumberdaya manusia.

Geoinformatika berhubungan dengan Geokomputasi dan pengembangan penggunaan SIG atau Sistem Pendukung Keputusan berbasis spasial.

5. Artificial Intelligence

Laboratorium IK-AI (AI) memiliki visi yaitu menghasilkan pusat unggulan riset dan keilmuan di bidang AI dan Data Mining se-Kota Bogor pada tahun 2025. Untuk mewujudkan visi tersebut, dibentuklah misi Lab IK-AI yaitu: Memperoleh hibah riset setiap tahun, Memiliki beragam repository data, Menghasilkan luaran publikasi ke jurnal bereputasi nasional maupun internasional, Menghasilkan skripsi mahasiswa yang mengikuti perkembangan teknologi bidang riset AI dan Datamining, dan Menjalin kerjasama dengan institusi lain di bidang riset AI dan Datamining.

Yuk gabung sekarang bersama FTS UIKA Bogor https://spmb.uika-bogor.ac.id. Informasi lebih lanjut hubungi ft.uika-bogor.ac.id.

Bagi kamu yang mau datang langsung bisa datang ke Gedung Rektorat lt.1 Universitas Ibn Khaldun, di Jalan Sholeh Iskandar KM 02, Kota Bogor atau hubungi ke nomor 0811-117-4045 (PMB) dan 0856-131-3137 (FTS).*

(Albin Pandita Febriyantama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here