Wednesday, 29 May 2024
HomePolitikGibran Rakabuming Dilirik Jadi Cagub DKI Jakarta 2024

Gibran Rakabuming Dilirik Jadi Cagub DKI Jakarta 2024

Bogordaily.net – Wali Kota Solo Raka dinilai mulai dilirik oleh sejumlah partai politik untuk maju pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Hal itu diungkap Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin. Ia menilai dari kacamata politik, kunjungan elite-elite parpol itu tentu bukan sekadar mampir melainkan memiliki maksud tertentu.

Menurut Ujang, Gibran sedang dilirik untuk menjadi calon gubernur di Pilkada serentak 2024.

“Sepertinya Gibran sedang di poles-poles, sedang diusap-usap, dipersiapkan untuk bisa masuk ke kontestasi politik yang lebih tinggi,” ujar Ujang, dikutip dari Tempo, Jumat, 8 April 2022.

Ujang menyatakan Gibran bisa menjadi calon gubernur dua daerah, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Namun, Ujang memprediksi Gibran pun akan mengikuti rekam jejak ayahnya, Jokowi, yang pernah menjadi orang nomor 1 di ibu kota.

“Menurut saya, bisa calon gubernur DKI Jakarta atau calon gubernur Jawa Tengah. Tapi lebih besar kemungkinan ke DKI, karena lebih bergengsi dan mengikuti jejak bapaknya yaitu Jokowi yang pernah jadi Gubernur DKI,” tuturnya.

Raka memang sempat ditemui sejumlah elit politik. Dia sempat bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan terakhir Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

“Saya kira ke depan akan semakin banyak lagi yang menemui Gibran. Ketika banyak ketua umum sudah seragam mendorong, ya kelihatannya akan maju,” ujar Ujang.

“Apalagi kalau PDIP mendukung Gibran, itu bisa mendapatkan borongan partai. Kalau pun tidak dapat tiket dari PDIP, partai-partai lain sudah siap mendukung,” tambahnya.

Rabu lalu, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menemui Gibran di Balai Kota, Solo. Dalam kesempatan itu, Muzani mengaku berbicara mengenai peran pemerintah pusat hingga pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Ia memuji kinerja Presiden Jokowi dalam menanggulangi pandemi. Muzani juga memuji Gibran selaku Wali Kota Solo dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

Menurut Muzani, Gibran sebagai kepala daerah berhasil menjaga stabilitas politik di pemerintahan daerah, meski saat ini terjadi berbagai persoalan ekonomi seperti naiknya harga-harga bahan pokok.

Selain itu, Muzani juga menyampaikan salam hormat dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kepada Gibran. Dia mengatakan, di lain waktu nantinya Prabowo ingin bertemu dengan Wali Kota Solo itu.

“Dan tadi disampaikan Mas Gibran juga menyampaikan keinginannya ingin bertemu Pak Prabowo,” kata Muzani.

Terkait potensi masa depan karir politik Gibran baik di Pilpres maupun Pilgub, Muzani tidak berkomentar banyak. Ia hanya memuji sosok Gibran yang dinilai sebagai salah satu prototype pemimpin muda di pemerintahan.*

(Muhamad Fadly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here