Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalKepolisian Akan Lakukan Normalisasi Arus Kendaraan Mudik di Gerbang Tol Cikatama

Kepolisian Akan Lakukan Normalisasi Arus Kendaraan Mudik di Gerbang Tol Cikatama

Bogordaily.net – Kepala bagian (Kabag) Ops Korlantas Polri AKBP Eddy Djunaedi mengungkapkan pihaknya tengah menyiapkan normalisasi arus mudik mulai dari KM 47 sampai KM 70, tepatnya di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama).

Normalisasi arus ini bertujuan utnuk relaksasi arus yang berasal dari Bandung menuju Jakarta.

“Tadi tepat pukul 07.00 WIB telah dilakukan penutupan one way sepenggal dari KM 47 sampai dengan KM 70 ,” kata Eddy, Sabtu, 30 April 2022.

Dia menambahkan, kebijakan contraflow yang akan dilakukan polisi dalam persiapan penormalan arus Km 47 ke Km 70 pada GT Cikatama.

Contraflow dilakukan pada 2 lajur dari arah Jakarta ke arah timur dan 1 lajur digunakan dari Bandung menuju Jakarta.

“Penambahan kapasitas 2 lajur yaitu contraflow dari KM 47 sampai dengan KM 70, dua lajur mengarah ke timur akan digunakan bagi pemudik yang dari arah Barat menuju ke Timur (Jakarta menuju Jawa),” tambahnya.

Sementara 1 lajur digunakan untuk relaksasi pengedara dari arah Bandung menuju Jakarta.

“Sedangkan 1 lajur merupakan lajur relaksasi yang akan digunakan untuk masyarakat yang akan masuk tol melalui GT Karawang Timur, GT Dawuan, dan yang dari Kalitama atau dari Bandung,” kata Eddy lagi.

Pukul 08.00 WIB polisi menyetop kebijakan one way dan penormalan arus lalu lintas dari KM 70 GT Cikatama sampai KM 414 GT Kalikangkung.

“Mekanismenya dilakukan penormalan selama 2 jam, selanjutnya setelah itu bisa dibuka untuk dilalui. Rekayasa selanjutnya akan dilakukan contraflow dari KM 70 sampai dengan KM 87 arah Cipali. Diharapkan setelah clear semua, baru terbuka,” ujar Eddy.

Sementara itu, akun Twitter @TMCPoldaMetro melaporkan, lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek (Japek) dalam keadaan padat.

“Pukul 08.05 Situasi lalu lintas di Tol Japek di KM 48 arah Cikampek terpantau padat mengalir,” cuit TMC Polda Metro. ***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here