Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSaling Berbalas Surat, Kim Jong Un Apresiasi Moon Jae-in

Saling Berbalas Surat, Kim Jong Un Apresiasi Moon Jae-in

Bogordaily.net – Pemimpin dan Moon Jae-in saling berbalas surat menjelang perubahan kekuasaan di Seoul.

Kim menerima surat dari Moon pada Rabu, 20 April 2022. Dalam suratnya, Moon menyatakan keinginannya untuk terus bekerja meningkatkan hubungan antar-Korea, bahkan setelah ia pensiun.

Kemudian membalasnya dengan mengirim surat yang berisikan ucapan terima kasih kepada Moon atas upayanya dalam memulihkan hubungan.

Kim juga mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan Moon untuk kepentingan Korea Selatan sampai hari-hari terakhir masa jabatannya.

“Pertukaran surat pribadi antara para pemimpin puncak utara dan selatan adalah ekspresi dari kepercayaan mendalam mereka,” tulis kantor berita resmi , KCNA, dikutip dari RMOL, Jumat 22 April 2022.

Surat-surat itu menandai babak akhir dalam hubungan Kim dan Moon. Keduanya mengadakan tiga pertemuan puncak pada 2018 yang menghasilkan kesepakatan untuk mengurangi ketegangan militer di perbatasan, dan membuka jalan bagi pembicaraan bersejarah antara Kim dan Presiden AS saat itu Donald Trump.

Setelah turun dari jabatannya, Moon digantikan oleh Yoon Suk-yeol dari konservatif. Yoon akan mulai menjabat pada 10 Mei mendatang.

Hubungan antara dua Korea biasanya mendingin ketika Korea Selatan dipimpin oleh sayap koservatif. Yoon juga telah menyatakan kesiapannya untuk menyerang jika diperlukan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here