Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalMudik Lebaran Tahun Ini, 8 Juta Pemudik Diprediksi Gunakan Kereta Api

Mudik Lebaran Tahun Ini, 8 Juta Pemudik Diprediksi Gunakan Kereta Api

Bogordaily.net– Musim tahun ini diperkirakan akan ada sekitar 8 juta pemudik akan menggunakan transportasi . Hal tersebut diungkapkan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Prediksi ada sekitar 8 juta penumpang yang naik transportasi ,” kata Budi dalam keterangan persnya sebagaimana dilansir dari Suara.com, Minggu, 10 April 2022.

Oleh karena itu, ia meminta Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI bersinergi melakukan persiapan dengan baik, seperti rampcheck, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM.

“Ini merupakan upaya yang baik dan kita bisa mengawal itu,” lanjutnya.

Sementara itu terkait usulan gratis, Budi mengungkapkan akan menyelenggarakan program gratis tidak hanya dengan , tetapi juga dengan bus (untuk penumpang) dan truk (untuk mengangkut sepeda motor).

“Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpagnnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga,” jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan masa cuti bersama bagi masyarakat untuk merayakan hari raya Idulfitri 2022. Meski demikian, ia tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak lupa dengan protokol kesehatan.

Pemerintah memprediksi 85 juta orang akan melangsungkan pada tahun ini. Dengan adanya cuti bersama, Jokowi mempersilakan masyarakat untuk memanfaatkannya untuk silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Meski telah ada pelonggaran, Jokowi mengingatkan untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai kita semua harus selalu waspada bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” kata Jokowi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here