Sunday, 12 May 2024
HomePolitikNasdem Akan Umumkan Tiga Calon Presiden Pada Juni 2022

Nasdem Akan Umumkan Tiga Calon Presiden Pada Juni 2022

Bogordaily.net Nasional Demokrat () akan mengumumkan ke publik tiga calon presiden yang dijaring melalui rapat kerja nasional pada pada pertengahan Juni 2022.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Johnny G. Plate mengatakan, ketiga calon presiden yang berhasil dijaring tersebut selanjutnya akan didiskusikan pada tingkat rapat kerja nasional setelah mendapat pendapat dari pimpinan wilayah hingga pengurus wilayah tingkat paling rendah.

“Tiga calon presiden itu akan ditampilkan kepada masyarakat untuk memberikan penilaian sebelum mengambil satu calon presiden definitif,” kata Johnny, seperti dikutip dari Antara, Minggu.

Menurutnya, akan melihat penilaian masyarakat terhadap tiga kandidat tersebut sebelum menentukan satu bakal calon presiden definitif.

Ketiga kandidat juga akan dibicarakan dalam rapat kerja nasional, berdasarkan pendapat pimpinan-pimpinan di tingkat wilayah, dari kecamatan hingga provinsi.

Di sisi lain, Johnny juga memastikan, tiga kandidat yang akan diumumkan itu harus memiliki elektabilitas yang baik.

Lalu ada syarat lain yang ditetapkan NasDem untuk memilih kandidat itu.

“Basis elektoral yang ada di ruang publik ini kan hasil dari lembaga-lembaga survei. Ini pasti menjadi perhatian, karena calon presiden yang ditampilkan harus memenuhi syarat elektoral, harus bisa menang,” jelas dia.

“Menang saja tidak cukup. Syarat dari NasDem ada satu yang penting, yaitu capresnya harus punya kemampuan menjaga kontinuitas pembangunan yang saat ini sedang kita lakukan, yang menurut NasDem pembangunan saat ini kebijakannya sudah berada di trek atau jalan yang tepat,” ungkap Johnny.

Terkait pengumuman bakal capres ini, Johnny mengaku bahwa komunikasi dengan - yang kemungkinan menjadi mitra koalisi berlangsung dengan lancar.

Sejauh ini, dua ketua umum , yaitu Airlangga Hartarto dari Golkar dan Agus Harimurti Yudhoyono dari Demokrat sudah berkunjung ke Ketua Umum Nasdem Surya Paloh untuk membicarakan peluang koalisi pada 2024.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here