Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaIni Nutrisi yang Baik untuk Si Kecil Saat Puasa?

Ini Nutrisi yang Baik untuk Si Kecil Saat Puasa?

Bogordaily.netDalam dunia kesehatan si kecil yang sudah memasuki usia 4-5 tahun sudah dapat ikut berpuasa. Ibu dapat melatih si kecil berpuasa selama beberapa jam terlebih dahulu, secara perlahan kemudian tingkatkan durasinya dan memiliki .

Namun, hal yang perlu diperhatikan yaitu memenuhi untuk anak saat , sehingga tumbuh kembang anak tetap optimal dan kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

Lalu, apa saja asupan yang baik untuk anak saat berpuasa. Dikutip dari Halodoc pada Kamis, 14 April 2022 :

Protein

Protein membantu tubuh anak membangun sel, memecah makanan menjadi energi, melawan infeksi, dan membawa oksigen. Makanan yang mengandung protein tinggi yang bisa ibu berikan untuk anak, seperti telur, daging unggas, daging merah rendah lemak, ikan, kacang-kacangan, serta susu dan produk olahannya.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi terpenting bagi tubuh. ini membantu tubuh Si Kecil dengan cara menggunakan lemak dan protein untuk membangun sekaligus memperbaiki jaringan tubuh.

Adapun makanan tinggi karbohidrat, yaitu roti, pasta, kentang, nasi, dan sereal.

Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang bagus untuk anak-anak dan mudah disimpan dalam tubuh. Selain itu, lemak juga berperan penting dalam membantu tubuh menggunakan beberapa lain yang dibutuhkan dengan benar.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak tinggi, yaitu daging, ikan, kacang-kacangan, dan minyak untuk memasak.

Kalsium

Kalsium juga menjadi untuk anak saat berikutnya yang tidak boleh ibu lupakan. Kalsium memiliki peran penting dalam membantu membangun kesehatan tulang dan gigi anak.

Tak hanya itu, satu ini juga penting untuk pembekuan darah dan menunjang fungsi saraf, otot, serta organ jantung. Makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah susu, yoghurt, kuning telur, keju, tofu, bayam, dan brokoli.

Zat Besi

Zat besi menjadi nutrisi yang diperlukan bagi seorang anak untuk membangun darah sehat yang membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. Makanan yang mengandung zat besi tinggi yaitu daging merah, daging unggas, hati, kerang, biji-bijian utuh, kacang polong, dan sereal yang telah diperkaya zat besi.

Vitamin

Berikutnya yaitu asupan vitamin anak, terutama vitamin A, C, dan D. Vitamin A membantu pertumbuhan, membantu mata dalam menyesuaikan diri dengan cahaya redup dan terang, menjaga kesehatan kulit, dan bekerja untuk mencegah infeksi.

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, membantu menyatukan sel-sel tubuh, memperkuat dinding pembuluh darah, membantu tubuh menyembuhkan luka, dan penting untuk membangun tulang dan gigi yang kuat.

Terakhir vitamin D yang berperan untuk membantu tubuh sang buah hati menyerap mineral penting dan menunjang pembentukan tulang serta gigi anak lebih kuat. Sebab, perkembangan massa tulang Si Kecil memang harus mendapatkan perhatian khusus, terutama pada usia tumbuh kembangnya.

Itu tadi beberapa nutrisi untuk anak saat yang harus diberikan. Selain melalui berbagai menu makanan sehat, ibu juga dapat menunjang kesehatan dan daya tahan si kecil dengan memberinya vitamin atau suplemen makanan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here