Friday, 19 April 2024
HomeNasionalPantau Lalu Lintas Saat Mudik? Cek Link CCTV Online Disini

Pantau Lalu Lintas Saat Mudik? Cek Link CCTV Online Disini

Bogordaily.net – CCTV bermanfaat untuk pemantauan secara online agar tidak terjebak kemacetan parah. Berikut ada Link CCTV untuk melihat keadaan di jalan tol secara online.

Dikutip dari Kontan, Jasa Marga mencatat sebanyak 762.251 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-10 s.d H-6 Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 yang jatuh pada periode Jumat-Selasa (22-26 April 2022), dari 4 gerbang tol (GT) barier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 4,2% jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 731.600 kendaraan.

Terhitung H-10 s.d H-6 Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada periode 22 s.d 26 April 2022, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat total sebanyak 401,279 kendaraan atau meningkat 13.94% dibanding volume transaksi new normal (November 2021), yaitu 352,196 kendaraan transaksi yang meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Mengutip Kompas, berikut ini link CCTV online untuk memantau yang bisa diakses masyarakat yang akan lebaran 2022:

1. RTTMC Kemenhub

Kondisi terkini bagaimana arus bisa disimak melalui CCTV yang disediakan oleh Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Informasi CCTV ini merupakan informasi real time dari berbagai daerah.

Setidaknya ada sekitar 40 CCTV yang bisa disimak secara real time dan bisa dipantau oleh masyarakat melalui RTTMC Kemenhub http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv#.

2. Aplikasi Travoy Jasa Marga

CCTV pemantuan arus lalu lintas online juga bisa dilakukan melalui aplikasi Travoy Jasa Marga. Untuk mengunduhnya bisa melalui PlayStore di ponsel atau melalui link https://jasamargalive.com/.

Apabila sudah terunduh nantinya masyarakat bisa memantau kondisi CCTV sejumlah jalan tol seperti tol Solo-Ngawi, Semarang-Solo, dan sebagainya. Untuk cara memantau CCTV jasa marga, setelah aplikasi didownload klik pada menu “CCTV”.

3. CCTV Kota Malang

CCTV pemantuan arus lalu lintas online juga bisa dilihat di CCTV yang dipasang di jalan-jalan Kota Malang. Dengan memantau CCTV ini, pemantauan kondisi keramaian jalan saat ke kota Malang bisa dilakukan dengan mudah.

Adapun link CCTV pemantuan arus lalu lintas online Kota Malang bisa diakses melalui link berikut http://cctv.malangkota.go.id/.

4. CCTV Kabupaten Sukoharjo

Bagi Anda yang berencana ke Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Anda juga bisa memantau kondisi lalu lintas secara live.

Adapun pantauan CCTV jalan di sekitar Sukoharjo, bisa dilihat melalui laman milik Dinas Perhubungan Sukoharjo.

Akses link CCTV Dishub Sukoharjo, bisa disimak melalui link berikut http://cctv-dishub.sukoharjokab.go.id/.

5. Kota Bandung

Bagi Anda yang akan dari dan ke Kota Bandung, bisa melihat pengamatan CCTV Kota Bandung melalui Pelindung Bandung.

Pelindung Bandung adalah aplikasi pemantau lalu lintas Kota Bandung yang menampilkan pantauan CCTV yang tersebar di banyak titik di Kota Bandung.

Untuk memantau lalu lintas Kota Bandung, link CCTV bisa disimak melalui link berikut https://pelindung.bandung.go.id/maps.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here