Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaPBB Didesak Segera Ambil Langkah Terkait Kekerasan di Komplek Al Aqsa

PBB Didesak Segera Ambil Langkah Terkait Kekerasan di Komplek Al Aqsa

Bogordaily.net– Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI mengecam aparat kepolisian Israel di Komplek , pada Jumat lalu, 15 April 2022. Oleh karanenya, BKSAP DPR RI, mendesak PBB agar bertindak secepatnya terkait di komplek .

Insiden tersebut yang telah melukai ratusan warga Palestina termasuk orang tua, remaja, awak media, dan pekerja medis.

Menyikapi insiden tersebut, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon mendesak komunitas internasional terutama PBB agar segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghentikan Israel khususnya di Komplek dan wilayah Palestina.

“(Kami) mendesak komunitas internasional termasuk PBB untuk secepatnya menetapkan langkah-langkah preventif agar insiden di tidak terulang,” ungkap Fadli dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 20 April 2022.

BKSAP juga menyerukan agar PBB melakukan peninjauan terhadap kewenangan kontrol akses Israel atas Masjid . Sebab, aparat keamanan Israel kerapkali melindungi kelompok-kelompok ekstrimis Yahudi yang secara provokatif masuk ke komplek dan bagian dalam Masjid Al-Aqsa.

Karena itu, BKSAP memandang bahwa situasi Palestina saat ini merupakan momentum penegakkan the rules-based international order khususnya bagi Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan secara paksa resolusi-resolusinya terkait Yerusalem terutama resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 242 tahun 1967 yang meminta Israel menarik pasukan militernya dari kawasan yang diduduki Israel sejak perang 1967.

“Demikian juga Resolusi DK PBB nomor 298 tahun 1971 yang mengkonfirmasikan bahwa semua upaya yang dimungkinkan termasuk langkah yang diambil oleh Israel untuk mengubah status Yerusalem, termasuk penyitaan lahan, adalah ilegal,” sambung Fadli.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here