Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorPulihkan Ekonomi Akibat Dihantam Pandemi, Pemkab Bogor Dongkrak Sektor Wisata

Pulihkan Ekonomi Akibat Dihantam Pandemi, Pemkab Bogor Dongkrak Sektor Wisata

Bogordaily.net – Upaya pemulihan ekonomi akibat dihantam terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Salah satunya dengan cara, mendongkrak sektor wisata agar kembali menggeliat di Bumi Tegar Beriman.

Menurut , mempunyai peran vital dalam menggenjot kembali ekonomi Kabupaten Bogor usai dihantam .

“Pariwisata memiliki potensi besar sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi Kabupaten Bogor. Pada 2019 saja sebelum pandemi, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor menyentuh 9,4 juta jiwa,” kata Ade Yasin, Senin 18 April 2022.

Lanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Bogor tersebut menambahkan, perlu adanya perencanaan pengembangan yang tepat dalam , dengan harapan dapat mendongrak pendapatan daerah, serta menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Pariwisata adalah sektor unggulan Kabupaten Bogor yang diharapkan pulih lebih cepat. Beberapa bidang usaha, termasuk pariwisata juga mulai menggeliat. Saya optimistis pariwisata akan kembali bergairah,” jelasnya.

Bahkan menurut Ade Yasin, tanda-tanda perbaikan ekonomi terlihat ditahun ini dengan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 3,48 persen, dibanding 2020 sebesar -1,77 persen.

, kata Ade Yasin, akan terus memacu, dan mengembangkan potensi wisata mulai dari tingkat Desa, di seluruh Kabupaten Bogor. Karena potensi wisata terdapat didaerah pedesaan.

“Baik wisata alam, edu wisata, maupun wisata buatan melalui Bumdes. Karena potensi wisata memang ada di desa,” sambungnya.

Selain itu, untuk menggugah kembali menggeliat, , melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan pun meluncurkan lomba desa wisata pada 2022 dengan hadiah total Rp1 miliar.

“Hal itu agar pemerintah desa dapat tergugah dalam menata dan mengembangkan potensi wisata yang ada,” tutup Ade Yasin.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here