Tuesday, 21 May 2024
HomeBeritaProfil Ade Armando yang Babak Belur Dikeroyok Pendemo di Depan Gedung DPR

Profil Ade Armando yang Babak Belur Dikeroyok Pendemo di Depan Gedung DPR

Bogordaily.net– Sepanjang aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 11 April 2022, nama menjadi sorotan. Sosok pengamat politik sekaligus dosen ini babak belur dikeroyok massa. dipukuli oleh oknum demonstran saat dirinya tengah mengamati demo mahasiswa menolak wacana penundaan pemilu dan wacana presiden 3 periode. Bahkan, Ade berada dalam kondisi celananya dilucuti oleh massa ricuh tersebut saat diamankan oleh polisi. Lalu siapa sosok hingga ia terlibat memantau aksi demonstrasi tersebut. Dilansir dari Suara.com, berikut .

lahir 24 September 1961 di Jakarta. Sebagai seorang akademisi di bidang sosial dan politik, ia dibesarkan oleh seorang ayah bernama Jus Gani yang merupakan diplomat sekaligus seorang mayor. Ibunya bernama Juniar Gani.

menempuh pendidikan dasar di Bandung sebelum berpindah ke . Ia menempuh pendidikan tinggi di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan ilmu komunikasi.

mulai aktif dalam dunia jurnalistik saat menjadi seorang mahasiswa. Ia aktif tergabung dalam Warta UI, sebuah badan pers kampus di Universitas Indonesia.  Ia juga berkesempatan berguru kepada Rosihan Anwar dan Masmimar Mangiang, dua wartawan sekaligus aktivis terkemuka pada masanya.

Hingga akhirnya lulus pada tahun 1988 dengan memperoleh gelar doktorandus dan melanjutkan S-2 di  Florida State University dengan gelar master of science dalam population studies.

Ade Armando hadir di area depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 11 April 2022 sebelum dikeroyok massa. (Bagaskara/Suara.com/Bogordaily.net)

Ia kemudian kembali ke Universitas Indonesia untuk mendapatkan gelar doktorat.  Kini, Ade berkarier sebagai akademisi dengan menjadi dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Selain menjadi dosen, Ade Armando juga aktif di media sosial untuk merespon berbagai isu-isu kekinian yang sedang melanda publik. Namanya mencuat ketika dirinya mengunggah sebuah cuitan yang menyinggung meme bermuatan kritik terhadap Jokowi yang dibuat oleh BEM UI pada Juni 2021 yang lalu.

Ade Armando juga telah memperoleh penghargaan atas keterlibatannya menjadi wakil Indonesia dalam “International Visitor Leadership Program” yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat pada Februari 2005 silam.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here