Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSimak 5 Hal yang Tak Boleh Terlewat Saat Membayar Zakat

Simak 5 Hal yang Tak Boleh Terlewat Saat Membayar Zakat

Bogordaily.net – Membayar zakat wajib dikeluarkan oleh orang Islam, kepada golongan yang berhak menerimanya, sesuai dengan ketentuan sebagaimana telah ditetapkan oleh syariat Islam.

Salah satu dasar atau dalil yang memerintahkan zakat dijelaskan dalam QS. Al Baqarah Ayat 110 yang artinya:

Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.

Berikut ini 5 hal yang tidak boleh terlewat saat membayar zakat, dikutip dari Yoursay.

1. Jenis Zakat

Secara umum jenis zakat terbagi atas dua yaitu atau zakat harta benda dan . sendiri merupakan zakat yang wajib keluarkan jika sudah mencapai nisab dan haulnya.

Nisab merupakan syarat minimal harta yang telah wajib dikeluarkan zakatnya. Sementara haul adalah waktu kepimilikan zakat yaitu satu tahun.

terbagi bermacam-macam, di antaranya zakat penghasilan, zakat emas, zakat surat berharga, zakat perniagaan dan lain-lain. Selain ada pula yang biasanya dilakukan orang Islam pada bulan suci Ramadhan.

2. Niat

Zakat merupakan kewajiban orang muslim yang wajib ditunaikan. Sehingga dalam pelaksanaannya wajib disertai dengan niat yang ikhlas dan dilafazkan baik dalam hati atau secara lisan.

Adapun niat zakat sesuai zakat mana yang akan dikeluarkan. Sebaigamana niat untuk diri sendiri dan keluarga adalah :

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami'i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar'an fardhan lillahi ta'ala.

Artinya

Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Niat zakat fitrah untuk diri sendiri yaitu:

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta'ala”

Artinya

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.

Niat zakat mall :

Nawaitu an ukhrija zakatadz maali fardhan lillahi ta`ala”

Artinya

“Saya Niat Mengeluarkan Zakat Maal Dari Diriku Sendiri Fardhu Karena Allah Ta`ala.

3. Waktu Zakat

Waktu terbaik dalam membayar zakat fitrah adalah tepat sebelum sholat Idul Fitri. Jika lewat dari waktu tersebut, maka pembayaran zakat fitrah hukumnya menjadi makruh dan haram. Sementara untuk dilaksanakan ketika sudah mencapai nisab dan haulnya.

4. Jumlah Zakat yang Dikeluarkan

Berdasarkan Peraturan Mentri Agama Rebuplik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 tentang Syarat dan tata cara Perhitungan dan Zakat Fitrah Serta Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha produktif menyebutkan, Zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Sementara untuk perhitungan memiliki ketentuan yang berbeda, berdasarkan macam zakat yang dikeluarkan.

Sebagai contoh zakat emas wajib dikenakan atas kepemilikan emas yang telah mencapai nisab 85 gram emas, jumlah zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5%.

5. Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat

Dalam Islam ada delapan golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana dijelaskan dalam QS. At Taubah ayat 60 yang artinya ”

Sungguh zakat itu hanya untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah maha mengetahui, maha bijaksana.

Itu dia 5 hal yang tidak boleh terlewat saat membayar zakat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here