Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaAwas, Post Holiday Blues Usai Liburan Panjang? Ini Cara Mengatasinya

Awas, Post Holiday Blues Usai Liburan Panjang? Ini Cara Mengatasinya

Bogordaily.net – Post Holiday Blues Usai Liburan Panjang? Apa itu Post Holiday Blues. Berikut akan dijelaskan dan bagaiman mengatas gejala tersebut.

Post Holiday Blues merupakan hal lumrah yang pasti dirasakan semua orang setelah melewati liburan yang sangat panjang, lepas dari rutinitas, target dan kewajiban pekerjaan.

Anda atau mungkin kerabat terdekat bahkan keluarga, pasti pernah merasakan malas melakukan aktivitas sehari-hari usai libur panjang berlangsung.

Rutinitas sehari-hari yang biasa dilakukan tentu terkadang terasa berat untuk dilakukan setelah libur panjang. Bisa jadi Anda mengalami gejala ini usai libur panjang.

Melansir Suaracom Senin 16 Mei 2022, tidak sedikit orang-orang yang mengalami gejala ini usai menikmati liburan dalam waktu sedikit lebih lama dari biasanya.

Kondisi ini menurut laman Healthine terjadi sebab otak belum bisa atau sanggup melupakan kegiatan menyenangkan ketika seseorang melakukan liburan.

Saat liburan, bisa dibilang otak beristirahat sejenak dari berbagai macam rutinitas monoton.

Kondisi tersebut menimbulkan perasaan cemas ketika melakukan transisi dari momen libur panjang menuju rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Jika dilihat penyebabnya, beberapa hal dapat menjadi faktor seseorang mengalami post holiday blues.

Perasaan bahagia yang berlebihan saat liburan akan memicu kesedihan jika terjadi transisi dari liburan menuju rutinitas yang tidak direncanakan.

Kecemasan akan semakin besar jika kita menganggap liburan masih panjang dan tidak kunjung selesai.

Hal itu dapat menimbulkan stress berlebihan jika pada akhirnya kita masih harus menghadapi kenyataan hidup yang harus dijalani.

Aktivitas liburan yang berlebihan juga akan mengakibatkan kelelahan di kemudian hari.

Seseorang merasa kelelahan secara fisik dan psikis saat liburan yang menyebabkan energinya terkuras habis.

Kondisi tersebut akan menyebabkan rasa malas untuk kembali beraktivitas.

Lebih lanjut, rasa lelah dan cemas juga bisa muncul karena adanya kenyataan finansial yang harus dihadapi seseorang setelah liburan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here