Friday, 26 April 2024
HomeNasionalBangkalan Berduka, RKH Fakhrillah Pengasuh Ponpes Syaichona Cholil Tutup Usia

Bangkalan Berduka, RKH Fakhrillah Pengasuh Ponpes Syaichona Cholil Tutup Usia

Bogordaily.net – Bangkalan berduka, datang dari Kabupaten Bangkalan, ulama kharismatik yang juga pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan, Schal tutup usia.

Kiai Fakhri merupakan salah satu pengurus Ponpes Moh Cholil dan juga menjabat sebagai Rais Syuriah PCNU Bangkalan. Kiai tutup usia di rumah sakit RSUD Syamrambu, Bangkalan pada pukul 05.25 WIB.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah wafat Bin Abdullah Schal, pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan, hari Sabtu pagi pukul 05.25 WIB,” tulisnya.

Ulama yang masih keturunan KH Cholil Bangkalan ini memiliki sambungan ilmu yang sama di Makkah. Kakek TGB yang juga pendiri Nahdlatul Wathan juga menimba ilmu di Makkah. Saat TGB ke Bangkalan selalu menyempatkan silaturahmi kepada almarhum. Dan diberi kesempatan memberi wejangan kepada santri-santri Pondok Pesantren Syaichona Moh Cholil Bangkalan.

Mengutip dari akun media sosial kerabat Kiai Fakhrillah, KH Ismael Kholili menuliskan, bila berziarah ke Makam Syaikhona Kholil atau tujuan lainnya, setelah Jalan Tangkel akan disambut dengan tulisan besar dalam bingkai besi yang melengkung-memanjang, selamat datang Bangkalan kota zikir dan salawat.

“Yang pertama kali mengusulkan nama itu untuk Bangkalan adalah Almarhum Kak Fahri,” tulisnya.

Kiai Fakhri merupakan salah satu putra KHR Abdullah Schal cicit Syaikhona Kholil, Bangkalan. Nasabnya tersambung dari jalur jalur ibu, bin Nyai Romlah binti KH Imron bin KH Kholil (Mbah Kholil) bin KH. Abdul Latief. KHR Abdullah Schal masih saudara kandung dengan Ra Lilur, KH. Fahrurrozi, dan KH. Kholil AG.

Nampak pula dari foto yang dibagikannya, rautas ribu umat muslim Bangkalan, turut mengantar kepergian snag Kiai kharismatik itu.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here