Friday, 29 March 2024
HomePolitikCatat! Ini Syarat Jika Parpol Lain Mau Gabung Koalisi Indonesia Bersatu

Catat! Ini Syarat Jika Parpol Lain Mau Gabung Koalisi Indonesia Bersatu

Bogordaily.net– Tiga partai yakni , , dan PPP telah bersatu dan membangun  (KIB). Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional () Eddy Soeparno pun membeberkan syarat bagi partai politik lain jika ingin bergabung dengan .

Eddy mengatakan, setiap parpol yang ingin bergabung perlu sama dan sepakat dengan konsep gagasan tidak boleh memecah belah bangsa.

“Syaratnya (parpol lain ingin bergabung) satu kita semuanya sepakat mengusung konsep gagasan tidak mau memecah belah bangsa tidak boleh ada politik ada pecah belah bangsa,” kata Eddy kepada wartawan dikutip Suara.com, Rabu, 25 Mei 2022.

Soal apakah ada tenggat waktu untuk parpol lain bergabung dengan KIB, kata Eddy hal itu akan diputuskan oleh para ketua umum dalam koalisi.

“Kapan kita menyatakan tertutup saya rasa itu kewenangan dari pada ketum menyampaikan demikian. Tapi saat terbuka untuk siapa saja kapan saja mereka mau masuk,” lanjutnya.

Ia menegaskan, KIB terbuka jika parpol mana saja ingin bergabung bersama koalisi , dan PPP.

“Ya saya kira sampai hari saya hanya menyampaikan apa yang disampaikan para ketua umum bahwa KIB ini terbuka siapa saja,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, tiga partai besar di Indonesa, yakni , dan PPP sepakat berkoalisi menjelang Pemilu 2024. Kesepakatan berkolaisi itu terjadi seusai ketiga ketua umum parpol tersebut melakukan pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022 lalu.

Usai pertemuan digelar tertutup, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, menjelaskan pertemuan memang dilakukan sekalian untuk bersilaturami Idulfitri. Namun, dalam pertemuan ini memang untuk mendorong ketiga parpol tersebut bekerja sama.

Tak hanya itu ketiga parpol tersebut menurut Airlangga ingin membangun budaya politik baru yang mana budaya politik baru itu dijalankan dengan kerja sama yang berjenjang dan bertahap.

“Pertemuan ini agar mendorong bahwa tiga partai ini akan bekerja bersama atau akan bersatu. Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan Baitullah, jadi Ka'bah. Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT,” ujar Airlangga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here