Friday, 29 March 2024
HomeNasionalCek di Sini, Ini Titik Penutupan di Tol Imbas One Way hingga...

Cek di Sini, Ini Titik Penutupan di Tol Imbas One Way hingga Km 3 Tol Cikampek

Bogordaily.net– Mulai pukul 07.00 WIB, Sabtu, 7 Mei 2022 besok, polisi akan menerapkan atau satu arah pada arus balik hingga Km 3 Tol Cikampek. Sejumlah titik pintu tol dari Cawang hingga Bekasi akan dibuka-tutup dengan melihat kondisi arus lalu lintas.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo mengatakan penutupan dilakukan di Cawang, antara Tol Japek maupun Tol Priok arah Cikampek, maupun dari Halim arah Cikampek, Jatibening JOR arah Cikampek lalu dari Cilincing ke Cikampek.

“Semua gerbang Tol Bekasi, Jatiwaringin semua kita tutup, ke arah Cikampek kita tutup, karena kalau nggak adu bagong,” ujar Sambodo di Pos Pam Km 3 Tol Cikampek, Jumat, 6 Mei 2022.

Sekitar pukul 05.00 WIB, polisi akan melakukan sterilisasi di jalur Tol Cikampek agar hingga Km 3 Cikampek. Polisi pun mengimbau warga memperhatikan kebijakan ini.

“Dari Semarang sampai Jakarta, dari jam 7 -nya dari jam 5 kita sudah bersihkan, jadi rest area Km 19 sebelum jam 7 dia sudah harus meninggalkan karena kalau nggak nanti dia terjebak dengan arus yang masuk ke Jakarta,” jelas Sambodo.

Termasuk Gerbang Tol Cikunir akan dilakukan buka-tutup. Warga Bekasi yang ingin ke Jakarta atau arah sebaliknya diimbau menggunakan jalur alternatif.

“Akan kita buka tutup kalau Halim padat semua yang dari arah timur kita belokan ke JORR, ini nanti masuk Jakarta lewat Jatiasih, lewat Kampung Rambutan, lewat Pasar Minggu, Fatmawati dan sebagainya, usahakan hindari gerbang Tol Halim, termasuk warga Bekasi mau ke Jakarta jangan lewat Tol Japek, lewat Kalimalang, Becakayu, Harapan Indah,” ujarnya.

Pihak kepolisian sebelumnya akan menerapkan rekayasa lalu lintas hingga Km 3 Tol Cikampek mulai pukul 07.00 WIB. Jika terjadi kemacetan di Cawang karena penutupan, polisi akan membuka kembali.

di Km 3 ini memang dijadwalkan besok pagi jam 7, Cawang ditutup itu untuk mengurangi beban di Karawang Barat, jadi arus masuk nih Km 47 dua arah dipakai semua tentu yang dari arah Jakarta ke timur akan dikeluarkan di Karawang Barat,” ujar Sambodo.

Sementara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan skema atau satu arah dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 hingga KM 47 Tol Jakarta Cikampek berjalan lancar.

“Kita lihat dari mulai KM 70 ke KM 47 diberlakukan kemudian 47 sampai 28 diberlakukan contra flow kita lihat seluruh perjalanan lancar,” kata Sigit dilansir Suara.com saat meninjau pengamanan kelancaran arus balik mudik lebaran 2022 di Posko Terpadu KM 3+500, Jumat, 6 Mei 2022.

Sigit menambahkan, dari titik pemberlakuan skema hingga KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama hanya membutuhkan waktu tiga sampai empat jam. Adapun alasan pemberlakuan skema gua mengatisipasi peningkatan volume kendaraan.

“Dari parameter dan indikator yang ada angka kepadatan sudah mulai meningkat di atas 3.700 bahkan 2 jam di atas 5.000 maka one way terus dilakukan,” sambungnya.

Polri telah melaksanakan pembersihan jalur one way atau satu arah dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai Ruas Tol Cikampek KM 47. Pelaksanaan skema one way tersebut akan dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, polisi melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Mulai skema one way atau satu arah, ganjil genap, hingga contraflow di ruas jalan Tol Cikampek hingga Kalikangkung.

Berikut jadwal pelaksanaan skema rekayasa arus balik:

Jumat 6 Mei 2022

Mulai pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 47 Tol Cikampek, diteruskan contra flow sampai dengan Km 28.500.

Sabtu 7 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 3.500 Gerbang Tol Halim.

Minggu 8 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 03.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai Km 3.500 Gerbang Tol Halim.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here