Curhat Calon Jamaah Haji Asal Ciampea

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Haji 2022 · 18 Mei 2022 18:04 WIB

Curhat Calon Jamaah Haji Asal Ciampea, Berharap Tetap Berangkat Meski Usia Lanjut


 Calon jamaah haji asal Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Atih dan suaminya berharap tetap berangkat ke Tanah Suci. (Ruslan/Bogordaily.net) Perbesar

Calon jamaah haji asal Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Atih dan suaminya berharap tetap berangkat ke Tanah Suci. (Ruslan/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Peraturan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi terkait batasan usia maksimal jamaah haji 65 tahun membuat Atih warga Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor bersedih. Sebab, hingga kini calon jamaah haji asal Ciampea yang berencana berangkat ke Tanah Suci bersama sang suami belum juga mendapat panggilan.

“Meskipun usia saya sudah 77 tahun saya yakin akan tetap berangkat karena ini sudah niat dan cita-cita, apalagi saya sudah membayar dana haji dua orang sekitar Rp80 juta dan mencicil sejak tahun 2015, sisa tinggal 5 juta lagi,” ujar Atih kepada wartawan, Rabu, 18 Mei 2022.

Meski demikian Atih berharap tetap bisa berangkat bersama sang suami ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima. Walau sudah usia lanjut, Atih dan suaminya mengaku masih sehat dan bugar.

“Memang ada informasi pembatasan umur tapi kami harap bisa diberangkatkan, karena ini cita-cita untuk naik haji bareng suami,” harapnya.

Sementara itu Ketua Forum Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kabupaten Bogor Desy Hasbiah menjelaskan, seharusnya mendapatkan kuota normal sebesar 3.421. Namun, karena ada pengurangan kuota dari Pemerintah Arab Saudi, secara hitungan proporsional kuota yang diperoleh menjadi 1.570.

“Selain itu, ada juga jamaah haji yang masuk dalam kuota cadangan sebanyak 300 orang dan dipersiapkan untuk menggantikan yang seharusnya berangkat tetapi mengundurkan diri dengan berbagai faktor,” jelasnya.

Namun, ia mengaku memahami kesedihan yang dirasakan oleh jamaah haji yang berusia di atas 65 tahun yang tertunda keberangkatannya karena kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Raut kekecewaan tidak dapat ditutupi mengingat niatan ini sudah ditunggu sejak lama.

“Kepada jamaah haji tersebut bahwa kesedihan dan kekecewaan suatu kewajaran. Dalam perspektif lain, justru mereka mendapatkan dua nilai kebaikan jika dihadapi dengan keikhlasan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pelaksanaan ibadah haji 2022 ini akan dipersiapkan sebaik mungkin walaupun dengan waktu yang singkat mengingat pemberangkatan awal di Indonesia akan dimulai pada 4 Juni 2022.

“Peran kami sebagai wadah pembinaan dan bimbingan manasik bagi jamaah haji pun tidak lepas. Terlihat sudah memulai pembinaan sejak Minggu, 8 Mei 2022 kemarin. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan yang mandiri dengan memberikan pembekalan berupa ilmu manasik haji dasar, inti dan penunjang,” pungkasnya.

Seperti dikeyahui Arab Saudi menaikkan kuota haji menjadi 1 juta jamaah. Jumlah ini naik dari jumlah penerimaan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 60 ribu orang. Tak hanya meningkatkan jumlah penerimaan, Arab Saudi juga kini memperbolehkan yang berasal dari luar negaranya untuk melakukan ibadah haji.

Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi menyatakan salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah usia di bawah 65 tahun. Artinya bagi yang lanjut usia (lansia) belum diizinkan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.(Ruslan)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Puncak Haji Makin Dekat, Ini Rangkaian Ibadah Haji yang Perlu Diketahui Jamaah  

6 Juli 2022 - 19:13 WIB

Menag Minta Fasilitas AC dan Toilet di Tenda Arafah Diperbaiki

6 Juli 2022 - 15:42 WIB

fasilitas tenda arafah

9 Jamaah Calon Haji yang Sakit Dibawa Ambulans ke Makkah

6 Juli 2022 - 15:34 WIB

Aplikasi Mobile Payuung Luncurkan Produk Talangan Dana Haji

6 Juli 2022 - 09:57 WIB

talangan Dana Haji

Alami Sakit, 240 Jemaah Calon Haji Jalani Safari Wukuf

5 Juli 2022 - 20:02 WIB

safari wukuf

MUI: Puasa Arafah 9 Juli di Indonesia Tetap Sah, Meski di Mekkah Sudah Melaksanakan Idul Adha

5 Juli 2022 - 19:52 WIB

puasa arafah
Trending di Haji 2022