Friday, 29 March 2024
HomeBeritaCurhat Calon Jamaah Haji Asal Ciampea, Berharap Tetap Berangkat Meski Usia Lanjut

Curhat Calon Jamaah Haji Asal Ciampea, Berharap Tetap Berangkat Meski Usia Lanjut

Bogordaily.net–  Peraturan yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi terkait batasan usia maksimal 65 tahun membuat Atih warga Cinangka, Kecamatan , bersedih. Sebab, hingga kini calon asal yang berencana berangkat ke Tanah Suci bersama sang suami belum juga mendapat panggilan.

“Meskipun usia saya sudah 77 tahun saya yakin akan tetap berangkat karena ini sudah niat dan cita-cita, apalagi saya sudah membayar dana haji dua orang sekitar Rp80 juta dan mencicil sejak tahun 2015, sisa tinggal 5 juta lagi,” ujar Atih kepada wartawan, Rabu, 18 Mei 2022.

Meski demikian Atih berharap tetap bisa berangkat bersama sang suami ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima. Walau sudah usia lanjut, Atih dan suaminya mengaku masih sehat dan bugar.

“Memang ada informasi pembatasan umur tapi kami harap bisa diberangkatkan, karena ini cita-cita untuk naik haji bareng suami,” harapnya.

Sementara itu Ketua Forum Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Desy Hasbiah menjelaskan, seharusnya mendapatkan kuota normal sebesar 3.421. Namun, karena ada pengurangan kuota dari Pemerintah Arab Saudi, secara hitungan proporsional kuota yang diperoleh menjadi 1.570.

“Selain itu, ada juga yang masuk dalam kuota cadangan sebanyak 300 orang dan dipersiapkan untuk menggantikan yang seharusnya berangkat tetapi mengundurkan diri dengan berbagai faktor,” jelasnya.

Namun, ia mengaku memahami kesedihan yang dirasakan oleh yang berusia di atas 65 tahun yang tertunda keberangkatannya karena kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Raut kekecewaan tidak dapat ditutupi mengingat niatan ini sudah ditunggu sejak lama.

“Kepada tersebut bahwa kesedihan dan kekecewaan suatu kewajaran. Dalam perspektif lain, justru mereka mendapatkan dua nilai kebaikan jika dihadapi dengan keikhlasan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pelaksanaan ibadah haji 2022 ini akan dipersiapkan sebaik mungkin walaupun dengan waktu yang singkat mengingat pemberangkatan awal di Indonesia akan dimulai pada 4 Juni 2022.

“Peran kami sebagai wadah pembinaan dan bimbingan manasik bagi pun tidak lepas. Terlihat sudah memulai pembinaan sejak Minggu, 8 Mei 2022 kemarin. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan yang mandiri dengan memberikan pembekalan berupa ilmu manasik haji dasar, inti dan penunjang,” pungkasnya.

Seperti dikeyahui Arab Saudi menaikkan kuota haji menjadi 1 juta jamaah. Jumlah ini naik dari jumlah penerimaan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 60 ribu orang. Tak hanya meningkatkan jumlah penerimaan, Arab Saudi juga kini memperbolehkan yang berasal dari luar negaranya untuk melakukan ibadah haji.

Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi menyatakan salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah usia di bawah 65 tahun. Artinya bagi yang lanjut usia (lansia) belum diizinkan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.(Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here