Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorDi Balik Pembunuhan Mayat di Selokan Kemang Bogor, Berawal dari Utang  

Di Balik Pembunuhan Mayat di Selokan Kemang Bogor, Berawal dari Utang  

Bogordaily.net telah mengungkap kasus terhadap Zaenab (52), mayat yang ditemukan di selokan Kampung Kandang, Desa Tegal, Kecamatan Kemang, . Pelaku tak lain pasangan kekasih AM (26) dan seorang wanita TO (21).

“Jadi profesi korban ini seperti bank emok (bahasa Sunda), meminjam-minjamkan uang,” kata Kasat Reskrim , AKP Siswo Tarigan kepada wartawan dikutip Detik.com, Jumat, 27 Mei 2022.

Awalnya, korban diketahui meminjam Rp100 juta dari ayah TO. Uang hasil pinjaman itu lalu dipinjam-pinjamkan kembali kepada orang lain. TO pun berupaya menagih utang kepada korban.

“Ayahnya TO meminjamkan uang investasi untuk dipinjam-pinjamkan (oleh korban) lagi ke orang lain,” terangnya.

Hal tersebut diperkuat dengan barang bukti yang dihadirkan dalam konferensi pers polisi. Di antaranya tiga buku catatan tagihan utang milik korban.

Namun saat ditagih, korban tidak mampu membayar utang tersebut kepada pelaku hingga akhirnya berujung dengan yang dilakukan pelaku di Sawangan, Kota Depok.

Saat itu hari Kamis, 19 Mei 2022 kata Siwo, pelaku TO dan AM itu sudah merencanakan untuk menagih.

“Jika memang tidak bisa ditagih, akan menghilangkan nyawa korban,” imbuhnya.

Jasad korban lalu dibuang di Kemang, Bogor dan ditemukan warga pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Seperti diberitakan, Satreskrim menangkap dua pelaku terkait tewasnya wanita Zaenab.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, petugas hanya butuh dua hari untuk menangkap pelaku di kediamannya yang berada di Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

“Sebelum dibunuh, ZB dijemput di kediamannya di Kota Tanggerang Selatan. Sesuai rencana, karena tidak mau atau tidak berhasil membayar hutangnya, ZB dibunuh di perjalanan menuju Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor,” kata Iman kepada wartawan saat jumpa pers di Mapolres, Cibinong, Jumat 27 Mei 2022.

Selain melakukan berencana, kata Iman, kedua pelaku juga melakukan tindakan pencurian dengan kekerasan (curas).

“Barang bukti yang diamankan oleh Satreskrim dari tangan para tersangka ialah tas, dompet, buku tabungan, kartu ATM milik korban ZB dan mobil sedang milik perusahaan rental,” jelasnya.

Keduanya kata Iman, diduga sudah merencanakan aksi dan membuang jasad korban ke tempat yang sepi dan aman.

Pelaku utama terhadap korban ZB ialah TO yang sedang hamil berencana akan menggunakan uang pembayaran utang korban kepada ayahnya. Uang itu nantinya untuk keperluan acara pernikahan TO dengan AM.

Sebelumnya, mayat wanita tanpa identitas membuat geger warga Kampung Kandang, Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Mayat wanita di selokan itu ditemukan di sebuah selokan Perumahan Vila Gading Royal, Bogor Sabtu, 21 Mei 2022 lalu.

Saksi mata, Robi Bastian mengatakan awalnya ia hendak memancing ikan. Tiba-tiba ia terkejut melihat mayat korban di selokan.

“Saya mau memancing, tidak jauh dari lokasi kejadian dan ketika dicek juga bukan warga sekitar,” kata Robi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here