Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaDibantai Vietnam, Puasa Kemenangan Timnas Indonesia di SEA Games Berlanjut

Dibantai Vietnam, Puasa Kemenangan Timnas Indonesia di SEA Games Berlanjut

Bogordaily.net– kembali merasakan puasa kemenangan atas Vietnam di ajang . hancur lebur menghadapi Vietnam dalam matchday pertama Grup A 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat 6 Mei 2022. Mereka kalah telak 0-3 setelah gawang Adi Satrio dibobol Nguyen Tien Linh (54′), Do Hung Dung (74′) dan Le Van Do (87′).

Dalam laga ini, sebagaimana dilansir dari Suara.com, timnas Indonesia U-23 tak mampu memberikan perlawanan berarti terhadap Vietnam. Gawang Garuda Muda dibobol tiga kali oleh Nguyen Tien Linh (54′), Do Hung Dung (74′), Le Van Do (87′).

Kekalahan ini memperpanjang puasa kemenangan timnas Indonesia atas Vietnam di ajang . Kali terakhir tim Merah Putih mengalahkan The Golden Star Warriors di multievent dua tahunan itu adalah pada 2011 silam.

Saat itu, timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Palembang, Indonesia pada 19 November 2011.

Setelah itu, timnas Indonesia tak berkutik dihadapan Vietnam. Mereka kalah telak 0-5 pada 2015, imbang 0-0 di 2017, serta dua kali kalah (0-1, 0-3) pada 2019.

Kekalahan terbaru ini membuat timnas Indonesia U-23 dan Vietnam sudah kalah tujuh kali dari Vietnam dalam 13 perjumpaan terakhir di . Dalam periode itu, skuad Garuda Muda cuma menang empat kali, dan dua imbang.

Sementara itu pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menegaskan bahwa kekalahan dari Vietnam bukanlah akhir atau kiamat bagi kiprah timnya di ajang 2021. Skuad Garuda Muda disebutnya akan bangkit demi satu tiket lolos ke fase knock out.

Kekalahan ini membuat timnas Indonesia U-23 terpuruk di peringkat empat klasemen Grup A dengan koleksi nol poin dari satu laga, alias hanya lebih baik dari Timor Leste yang dimatchday pertama kalah 0-4 dari Filipina.

Di sisi lain raupan poin penuh membuat Vietnam menempel ketat Filipina di posisi kedua. Tim asuhan Park Hang-seo mengoleksi tiga poin dari satu laga, hanya kalah selisih gol dari Filipina.

Indonesia akan memainkan laga kedua melawan Timor Leste, Selasa, 10 Mei 2-22 pukul 18.15 WIB. Untuk menjaga harapan lolos, tim Garuda Muda wajib mengalahkan mantan provinsi ke-27 Republik Indonesia itu.

“Kekalahan dari Vietnam U-23 bukanlah akhir. Saya yakin kami akan melangkah jauh,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca laga dikutip dari media Vietnam, Zing News.

Menurut Shin Tae-yong, timnas Indonesia U-23 dalam kondisi lebih baik saat memainkan matchday kedua Grup A kontra Timor Leste. Selain mendapat waktu istirahat, skuad Garuda Muda juga sudah diperkuat Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam.

“Pertandingan berikutnya melawan Timor Leste, kami akan memiliki lebih banyak waktu untuk pulih dan bersiap lebih baik. Dua pemain hebat kami Elkan dan Asnawi akan bergabung dengan tim tepat setelah pertandingan ini,” jelas Shin Tae-yong.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here