Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalHari Keempat Pencarian Anak Ridwan Kamil Dilanjutkan, Ini yang Dilakukan Tim SAR

Hari Keempat Pencarian Anak Ridwan Kamil Dilanjutkan, Ini yang Dilakukan Tim SAR

Bogordaily.net– Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (23) yang hilang di Sungai Aare, belum juga ditemukan. Upaya pencarian kembali dilanjutkan hari ini, Minggu, 29 Mei 2022 setelah tiga hari pada Sabtu, 29 Mei 2022 belum membuahkan hasil.

Pencarian pada hari keempat atau Minggu, 29 Mei 2022 rencananya difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde.

Tim SAR yang dipimpin Kepolisian Maritim Bern akan melakukan metode pencarian menggunakan perahu dan sensor yang mampu mendeteksi hingga kedalaman 3 meter.  Dalam proses pencarian tersebut, tim SAR menerjunkan tim penyelam pada titik-titik yang dapat diakses di sepanjang sungai Aare.

Berdasarkan rilis pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, yang dilansir Suara.com, pada pencarian hari ketiga anak Ridwan Kamil, Tim SAR dipimpin Kepolisian Maritim Bern itu sampai mengerahkan drone survilance yang terbang rendah di sepanjang tepian sungai.

Namun, putra sulung Gubernur Jawa Barat tersebut masih juga belum ditemukan. Selain drone, Tim SAR juga mengerahkan penyelam pada titik-titik yang dapat diakses sepanjang sungai.  Upaya pencarian lebih diintensifkan di beberapa titik yang dinilai krusial di wilayah sungai Aare.

Sementara itu Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk , Muliaman Hadad mengatakan, tidak ada batas waktu maksimal dalam proses pencarian Emmeril Khan Mumtadz di Sungai Aare, .

“Sebenarnya tidak ada spesifik batas waktu maksimal kapan pencarian ini akan dihentikan,” ujar Muliaman yang menyampaikan keterangan secara daring dari KBRI di Bern, , Sabtu 28 Mei 2022.

Tim SAR dan kepolisian setempat mengatakan sudah menjadi tugas mereka menjaga keamanan sekitar wilayah tersebut.

“Karena ketika kami bertemu dengan tim SAR mereka merasa terutama jawaban dari polisi sungai mengatakan bahwa adalah menjadi tugas kami untuk setiap saat memantau keamanan dari sungai ini,” ujar Muliaman merujuk pernyataan otoritas setempat.

Ia pun memastikan bahwa Tim SAR akan terus melakukan pencarian terhadap anak Ridwan Kamil.

Emmeril Khan Mumtadz. (Instagram/@emmerilkahn/Bogordaily.net)

Sebelumnya, adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengatakan pihak keluarga yakin area Sungai Aare yang menjadi lokasi renang dan hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz merupakan titik aman. Pemuda yang disapa Eril yang diketahui berenang bersama adiknya, turut serta mengajak seorang kawan yang sudah lama tinggal di .

“Dia bersama kawan mereka yang dikenal yang memang sudah lama tinggal di . Jadi artinya dalam konteks safety. Jadi memang berenang bersama orang yang sudah lama tinggal di dan memperhatikan situasi,” kata Elpi Nazmuzaman, adik Ridwan Kamil, Sabtu, 28 Mei 2022.

Tak hanya didasarkan hal tersebut, Eril sebelumnya juga sudah melakukan survei titik aman untuk renang. Keberadaan wisatawan lain yang berada di area sama membuat pihak keluarga yakin, Eril sebelumnya sudah memastikan keamanan lokasi.

“Di antaranya adalah memastikan di daerah yang digunakan untuk renang digunakan itu ada wisatawan lain. Jadi informasi keluarga yang kami terima pada saat menentukan titik juga ada lansia dan anak-anak di sekitar sehingga ukurannya harusnya safety,” jelas Elpi.

Ia memastikan, kondisi fisik dan mental Eril dalam keadaan siap sebelum memutuskan berenang di Sungai Aare, , Kamis 26 Mei 2022 lalu.

Sebelum memutuskan turun dan berenang, Eril terlebih dahulu mencari titik tepian sungai yang sekiranya aman untuk aktivitas renang. Informasi dari pihak keluarga yang berada di , Eril bahkan mencoret titik renang di sekitar jembatan yang ada si sungai tersebut.

Padahal, kemungkinan spot itu menjadi yang menarik untuk aktivitas renang dan melompat dari ketinggian untuk terjun ke sungai.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here