Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaInfo Lengkap Rute KRL Jabodetabek dan Pemberhentiannya. Supaya Tidak Bingung Turun Dimana?

Info Lengkap Rute KRL Jabodetabek dan Pemberhentiannya. Supaya Tidak Bingung Turun Dimana?

Bogordaily.net – Info lengkap rute KRL Jabodetabek dan pemberhentiannya ini penting untuk disimak agar tidak kebingungan dengan rute baru yang diterapkan KAI.

Sejak diberlakukannya rute baru ini, sejumlah penumpang ada yang linglung dan kebingunan karena ada perubahan jalur dari yang biasa dilalui.

Berikut akan dijelaskan mengenai info lengkap Jabodetabek dan Pemberhentiannya.

Ya, soal rute baru ini KAI Commuter memberlakukan aturan switch over di Stasiun Manggarai sejak Sabtu 28 Mei 2022. Imbasnya antrean calon penumpang terjadi di stasiun tersebut.

“KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan atas perubahan layanan ini. KAI berharap pengguna KRL dapat menyesuaikan perjalanannya mulai 28 Mei dan dapat segera beradaptasi. Pengguna KRL dapat mengecek info perjalanan dan secara realtime di aplikasi KRL Access,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melalui keterangan tertulis, Jumat 27 Mei 2022.

Info Lengkap Jabodetabek dan Pemberhentiannya.

Perubahan rute terjadi perjalanan KRL terjadi di lintas Cikarang/Bekasi dan Lintas Bogor/Depok/Nambo. Nantinya KRL dari Bogor hanya bisa menuju Stasiun Jakarta Kota, berikut ini detailnya:

1. KRL Lin Cikarang tidak lagi menuju Stasiun Jakarta Kota, melainkan ke Stasiun Angke/Kampung Bandan via Manggarai/Pasar Senen
2. KRL Lin Loop dengan tujuan Bogor-Angke/Jatinegara akan dinonaktifkan
3. KRL Lin Bogor hanya akan menuju Stasiun Jakarta Kota melewati Jalur Layang Stasiun Manggarai
4. Pengguna KRL Bogor/Depok/Nambo ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri juga harus melakukan transit di stasiun Manggarai.

Selain itu, KRL Cikarang hanya melayani perjalanan hingga Stasiun Angke/Kampung Bandan melalui Stasiun Manggarai atau Pasar Senen. Berikut ini rute perjalanannya.

1. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang
2. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang
3. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)
4. Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Tanah Abang – Angke (PP).

Alasan KAI Ubah Rute

Penerapan aturan switch over di Manggarai bertujuan untuk mengoptimalkan layanan KRL bisa menyesuaikan perjalanan kereta api jarak jauh dan kereta bandara. Switch over juga bertujuan untuk mengembangkan double-double track (DDT) antara Manggarai-Cikarang yang merupakan proyek strategis nasional.

Penumpang di Manggarai Naik Jadi 60%

Penerapan switch over di Manggarai berdampak pada peningkatan jumlah penumpang. Dari data pemberlakuan hari switch over di hari pertama, tercatat ada kenaikan jumlah penumpang sebesar 60%.

“Tercatat, pada hari pertama penerapan aturan itu Sabtu (28/5) kemarin ada 464.451 perjalanan di Stasiun Manggarai. Selain itu, tercatat sebanyak 20.152 penumpang. Jumlah itu disebut mengalami kenaikan 60%,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Pura dalam keterangannya, Minggu (29/5/2022).

Antrean Penumpang Mengular Siang Ini

Pantauan detikcom di Stasiun Manggarai, Minggu (29/5/2022), sekitar pukul 13.50 WIB, antrean penumpang terlihat di gedung utama atau main hall stasiun. Para penumpang itu tengah transit di Stasiun Manggarai untuk menaiki kereta selanjutnya.

Para penumpang yang mengantre di main hall stasiun adalah penumpang menuju Tanah Abang, Duri, Kampung Badan, Jatinegara, Bekasi, dan Cikarang. Mereka tampak berbaris rapi dengan beberapa baris.

Terlihat petugas berjaga dan mengarahkan penumpang menggunakan pengeras suara atau toa. Petugas juga memasang tali pembatas supaya penumpang tidak memaksa masuk ke Peron 6-7 di lantai dasar stasiun.

“Tetep tertib, hati-hati, jangan dorong-dorong ya, hati-hati,” kata salah satu petugas menggunakan toa.

Antrean penumpang juga terlihat di lantai 2 stasiun. Para penumpang yang turun dari Bogor tampak mengantre menuruni tangga menuju main hall stasiun.

Sumber: detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here