Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaIsrael Bantah Tudingan Penembakan Wartawan Al Jazeera dengan Sengaja, Siap Penyelidikan Ulang

Israel Bantah Tudingan Penembakan Wartawan Al Jazeera dengan Sengaja, Siap Penyelidikan Ulang

Bogordaily.net – Tuduhan atas penembakan yang mengakibatkan kematian wartawan senior Al Jazeera Shireen Akleh yang dilakukan sengaja oleh tentara , dibantah keras oleh otoritas . Pihak dengan tegas memberikan sikap siap untuk dilakukan penyelidikan ulang.

Tentara telah mengatakan sebelumnya, Abu Akleh mungkin telah ditembak secara tidak sengaja oleh salah satu tentaranya, atau oleh seorang militan Palestina dalam baku tembak.

Otoritas Palestina menyebut hasil penyelidikan yang dilakukan menemukan, penembakan yang dilakukan tentara terhadap wartawan Al Jazeera Shireen Abu Akleh sengaja ditembak oleh tentara . Menteri Pertahanan Benny Gantz menolak temuan itu.

“Setiap klaim bahwa IDF dengan sengaja merugikan jurnalis atau warga sipil yang tidak terlibat, adalah kebohongan yang terang-terangan,” tulisnya di Twitter, melansir Reuters 27 Mei.

Lebih jauh, Gantz mengulangi seruannya kepada Palestina untuk bekerja sama dengan dalam penyelidikan, menyerahkan peluru untuk tes balistik guna melihat, apakah itu cocok dengan senjata militer .

“Saya terus meminta PA (Palestina) untuk menyerahkan peluru dan temuannya. Kami siap dan bersedia melakukan penyelidikan bekerja sama dengan aktor internasional,” tegas Gantz.

Diketahui, Palestina mengatakan mereka tidak mempercayai dan telah menolak untuk mengadakan penyelidikan bersama.

Diberitakan sebelumnya, Jaksa Agung Palestina Akram Al-Khatib mengatakan kepada wartawan, penyelidikan yang dilakukan menunjukkan tidak ada militan yang dekat dengan Abu Akleh ketika dia meninggal.

“Satu-satunya sumber tembakan di tempat itu berasal dari pasukan pendudukan dengan niat untuk membunuh,” kata Al-Khatib, merujuk pada Pasukan Pertahanan Israel.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here