Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalKapal Tabrakan di Jalur Ketapang-Gilimanuk, 2 Penumpang Luka

Kapal Tabrakan di Jalur Ketapang-Gilimanuk, 2 Penumpang Luka

Bogordaily.net – Terjadi tabrakan antara dua yang beroperasi di - bertabrakan, Jumat 13 Mei 2022 pukul 18.09 malam. Kedua tersebut adalah KMP Trisila Bhakti II dan KMP Gerbang Samudera II.

Tabrakan ini mengakibatkan kerusakan di beberapa bagian , serta dua penumpang mengalami luka. Sebelum bertabrakan kedua tersebut bersandar di dermaga Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi.

KMP Trisila Bhakti II bersandar di dermaga ponton, sedangkan KMP Gerbang Samudera II bersandar di dermaga MB 1.

Kepala Gabungan Pengusaha Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Banyuwangi, I Putu Gede Widiana mengatakan, sebelumnya kedua tersebut mengalami gagal sandar karena arus cukup deras disertai angin kencang.

“Setelah berhasil sandar di masing-masing dermaga tersebut, kedua melakukan bongkar muat penumpang,” tuturnya, dikutip dari Terang Media, Sabtu 14 Mei 2022.

Putu menjelaskan, setelah bongkar muat, kedua tersebut hampir secara bersamaan keluar dari dermaga Pelabuhan Ketapang untuk menuju ke Pelabuhan , Bali.

“Karena keluar dermaga secara bersamaan disertai dengan adanya arus deras dan angin kencang, akhirnya masing-masing kapal itu tidak bisa menghindari hingga terjadi gesekan. Bukan tabrakan ya, tapi gesekan,” papar Widiana.

Dari incident ini kata Putu, KMP Trisila Bhakti II mengalami kerusakan pada bagian akomodasi, riling dan beberapa kursi penumpang akibat tertabrak KMP Gerbang Samudera II.

“Selain dua orang penumpang KMP Trisila Bhakti II mengalami luka lecet dan langsung di tangani oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Ketapang. Kini sudah dipulangkan,” jelasnya.

Widiana mengaku, KMP Trisila Bhakti II tidak melanjutkan operasionalnya karena mengalami kerusakan pada beberapa bagian kapal, lalu bersandar di dermaga Pangkalan TNI AL Banyuwangi, guna dilakukan perawatan dan pengecekan.

Sementara para penumpang maupun kendaraan yang sudah terlanjur berada di dalam kapal, diarahkan untuk pindah ke kapal lain.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here