Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSelain Jadi Bumbu Masak, Kenali 5 Manfaat Bawang Merah untuk Tubuh

Selain Jadi Bumbu Masak, Kenali 5 Manfaat Bawang Merah untuk Tubuh

Bogordaily.net – Semua tahu kalau bawang merah adalah bumbu dasar untuk berbagai jenis masakan. Aroma yang harum dan rasa khasnya menambah kenikmatan makanan. Namun, mungkin hanya sedikit yang tahu bawang merah punya begitu luas untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari Klik Dokter, masyarakat sebenarnya sudah lama memanfaatkan bawang merah untuk kesehatan. Misalnya, bawang merah kerap digunakan sebagai obat demam anak.

Studi Phytotherapy Research membuktikan bahwa, bawang merah adalah sumber antioksidan. Selain itu, masih ada sederet bawang merah untuk kesehatan tubuh Anda. Yuk simak!

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Konsumsi bawang merah dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian pada 2002 yang dimuat di jurnal Thrombosis Research menunjukkan, sulfur pada bawang merupakan komponen yang berpengaruh pada kesehatan jantung.

2. Memiliki Efek Antialergi

Dalam sebuah penelitian tahun 2019 yang dipublikasikan di Pubmed menunjukkan bahwa bawang merah memiliki efek antialergi.

Dalam penelitian uji klinis acak, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa suplementasi oral bawang merah yang dikombinasikan dengan obat cetirizine memberikan efek penyembuhan yang lebih baik dibandingkan dengan obat tunggal.

Menurut University of Maryland Medical Center, zat kuersetin pada bawang dapat mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh memproduksi histamin.

3. Melawan Radikal Bebas

bawang merah berikutnya adalah dapat meningkatkan imunitas.

Ya, polifenol dalam bawang berfungsi sebagai antioksidan untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menghilangkan radikal bebas berarti bisa membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan serta kekebalan tubuh.

Itulah mengapa, konsumsi bawang merah yang tentunya diimbangi dengan makanan bergizi seimbang lainnya – dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Salah satu kegunaan bawang merah adalah dapat memperbaiki sistem pencernaan.

Bawang merah mengandung serat sehingga membantu proses pencernaan. Buang air besar pun bisa berlangsung teratur.

Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung jenis serat larut khusus, oligofruktosa, untuk mendorong tumbuhnya bakteri baik di usus.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here