Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSering Dipakai Jadi Garnish, Ini Manfaat Daun Parsley yang Jarang Diketahui

Sering Dipakai Jadi Garnish, Ini Manfaat Daun Parsley yang Jarang Diketahui

Bogordaily.net – Daun parsley atau daun yang memiliki nama lokal ini jika dicampur ke dalam makanan akan menambah cita rasa terhadap makanan tersebut.

Dikutip dari Yoursay dan Hellosehat, selain bisa meningkatkan cita rasa, ternyata daun ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Simak 5 manfaat mengonsumsi daun parsley di bawah ini :

1. Mampu Menguatkan Tulang

Daun parsley memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Vitamin K pada dasarnya dapat mengaktifkan protein tertentu yang dapat menguatkan tulang pada tubuh.

Jika dikonsumsi, daun parsley membantu membentuk tulang yang lebih kuat dengan mendukung sel pembangun yang disebut osteoblas.

2. Mencegah Datangnya Penyakit dalam Tubuh

Selain vitamin K, ternyata daun parsley kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan utama yang ditemukan dalam daun ini adalah flavonoid dan karotenoid, yang dalam penelitiannya, kandungan ini dapat mengurangi risiko penyakit tertentu seperti kanker paru-paru.

3. Menurunkan Obesitas

Obesitas terjadi karena kadar gula yang tinggi pada tubuh manusia. Kandungan flavonoid pada daun parsley bernama myricetin inilah yang dikabarkan mampu mengurangi kadar gula darah.

Pada sebuah percobaan yang dikutip Hellosehat, pengujian ini dilakukan pada sekelompok tikus dengan diabetes tipe 1, konsumsi terlihat dapat menurunkan glukosa serta memperbaiki fungsi pankreas.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kaya akan vitamin, berdasarkan kutipan sehatq.com, daun parsley bisa memenuhi asupan vitamin B9 pada tubuh sebanyak 11% dari total kebutuhan harian.

Cukupnya asupan vitamin B9 dalam tubuh manusia masih berkaitan dengan menurunnya risiko penyakit jantung.

5. Mencegah Kanker

Daun ini juga berpotensi dalam menghambat efek-efek serupa pemicu kanker dari amina heterosiklik.

Komponen amina heterosiklik biasanya muncul pada daging yang dipanggang dengan temperatur tinggi. Tak heran jika melihat penyajian daging Beef selalu mencampurkan daun ini di atas sajiannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here