Tuesday, 7 May 2024
HomePolitikMasa Jabatan Segera Berakhir, Ini Permintaan Khusus Anies

Masa Jabatan Segera Berakhir, Ini Permintaan Khusus Anies

Bogordaily.net–  Gubernur sebentar lagi akan selesai masa jabatannya pada Oktober 2022 mendatang. Anies pun menyampaikan pesan khusus kepada penggantinya kelak.

Gubernur selanjutnya kata Anies harus lebih memperhatikan pembangunan di kawasan Kepulauan Seribu. Ia menilai kawasan ini juga merupakan bagian dari kota Jakarta yang perlu dikembangkan.

“Kami berharap siapa pun yang nanti mengelola Jakarta akan menempatkan Kepulauan Seribu sebagai bagian penting untuk diperhatikan dan ditumbuhkan,” kata Anies di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu dilansir Suara.com, Selasa, 24 Mei 2022.

Menurut Anies, kawasan Kepulauan Seribu memiliki potensi besar di bidang pariwisata untuk bisa berkembang sejajar dengan kota administrasi lainnya. Namun, ia menyebut salah satu masalah di Kepulauan Seribu adalah mengenai penyediaan kebutuhan bahan pokok. Komoditas pangan di wilayah ini kerap lebih mahal ketimbang kawasan lainnya.

Oleh karena itu, Anies sudah menyediakan pasar grosir untuk warga Kepulauan Seribu sehingga masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

“Apa yang dibangun di sini? Semacam pasar grosir, sehingga pedagang-pedagang di Kepulauan Seribu tidak perlu kulakan ke (Pasar) Kramat Jati atau kulakan ke daratan Jawa. Mereka bisa mendapatkan di sni karena Pasar Jaya menyiapkan pasar grosir yang harganya sama dengan di Jakarta,” jelas Anies.

Selain pasar grosir, Anies juga mengatakan pihaknya telah mengatasi kebutuhan air bersih warga Kepulauan Seribu. Caranya adalah dengan membangun sistem penyediaan air bersih dengan desalinasi untuk mengubah air laut menjadi air tawar, yakni Sea Water Refresh Osmosis (SWRO).

“Ada air bersih, SWRO, di mana air laut diolah sehingga menjadi air bersih yang digunakan oleh warga,” imbuhnya.

Tak hanya itu ia juga berupaya menambah pasokan jaringan listrik secara merata untuk 11 pulau berpenghuni. Begitu juga dengan sistem pembuangan air kotor dan air limbah.

“Kemudian, tentu kesehatan pendidikan, kita memberikan perhatian besar kepada kepulauan seribu selama beberapa tahun ini,” tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here