Tips Lolos Seleksi Rekrutmen Pegawai BUMN

Menu

Mode Gelap
Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya! Harga Emas Antam Masih Rp 989.0000 Hari Ini Mediasi Pertama, Angga Wijaya Tetap Ingin Bercerai dengan Dewi Perssik Tepok Bulu Vindes 2022: Hesti-Erika Menang Lawan Raisa-Anya Geraldine Pemerintah Perpanjang PPKM di Luar Jawa-Bali Sampai 1 Agustus

Ekonomi · 18 Mei 2022 23:01 WIB

Mau Diterima Kerja? Ini Tips Lolos Seleksi Rekrutmen Pegawai BUMN


 Ilustrasi. Kantor Kementerian BUMN. (Achmad Fauzi/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. Kantor Kementerian BUMN. (Achmad Fauzi/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Sebanyak 2.700 lowongan kerja dibuka oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di lebih dari 50 perusahaan pelat merah. Lowongan tersebut mulai dibuka sejak 14 April hingga 25 April 2022. Bagi peserta yang ingin lolos maka harus melalui serangkaian tes dan seleksi menjadi pegawai di BUMN. Lalu apa tips lolos seleksi rekrutmen pegawai BUMN?

Senior Associate, Culture Measurement & Program Development MIND ID Vina Muliana mengatakan agar peserta bisa lolos rangkaian tes dan diterima sebagai karyawan di perusahaan pelat merah rumusnya yakni plan, prepare, practice, dan presence (4P).

Untuk plan atau perencanaan, kata dia peserta perlu merencanakan kemampuan diri sendiri dalam menghadapi tes. Biasanya, menurut Vina, peserta yang gagal bukan karena kurang belajar tetapi pikiran yang terlalu ruwet.

“Harus percaya dengan kemampuan diri sendiri, lakukan yang terbaik,” ujar Vina dikutip dari CNN Indonesia, Rabu, 18 Mei 2022.

Kemudian yang kedua, prepare atau persiapan. Vina menyarankan peserta perlu melakukan riset dan mempelajari tentang perusahaan plat merah yang mereka lamar. Dengan melakukan riset tersebut, peserta dapat mengetahui perusahaan lebih detail dan mempermudah mereka dalam menjalani tes.

“Teman-teman lihat fakta-fakta menarik tentang perusahaan BUMN tersebut, teman-teman juga bisa coba untuk lihat apa saja berita-berita yang berkaitan dengan perusahaan BUMN,” imbuhnya.

Jika sudah, peserta juga perlu melakukan practice atau latihan. Menurut Vina, latihan ini dimaksudkan untuk peserta yang akan menghadapi tes dan wawancara. Ia menyarankan peserta sebaiknya melakukan latihan wawancara dengan kerabat seputar tanya jawab agar lancar saat tes nanti.

“Kemudian selama teman-teman berlatih, teman-teman juga nanti akan bisa lebih mengendalikan rasa gugup yang seringkali muncul,” ujar Vina.

Tips selanjutnya kata dia adalah presence atau penampilan. Pada sesi wawancara, menurut Vina 80 persen komunikasinya tidak hanya terjadi secara verbal, tapi juga non-verbal melalui gestur dan penampilan.

Pewawancara menurut Vina akan melihat bagaimana cara peserta berbicara, gestur, dan antusiasme mereka. Oleh karena itu, peserta harus memperlihatkan antusiasme yang tinggi, gestur yang baik, dan penampilan yang rapi.

Sebelumnya diberitakan BUMN membuka lowongan kerja besar-besaran tahun ini. Terdapat 2.700 posisi di puluhan perusahaan BUMN. Pendaftaran lowongan kerja (loker) BUMN akan dibuka pada tanggal 14-25 April 2022.

Menteri BUMN Erick Thohir berharap dengan BUMN buka lowongan kerja akan ada regenerasi sehingga memunculkan generasi penerus dari Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Menurutnya, sangat penting memiliki generasi muda yang tidak hanya melek teknologi, tetapi juga generasi muda yang merupakan calon pemimpin ke depan yang memiliki kapabilitas dan juga karakter atau akhlak.

“Di situlah kenapa kami sekarang membuka lagi rekrutmen sebanyak 2.700 lowongan dari 50 BUMN, di mana tentu kita harapkan ini adalah generasi penerus,” ujar Erick Thohir dalam peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diluncurkan di Jakarta, Selasa, 12 April 2022 lalu.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

KemenKopUKM Gencarkan Pengembangan Kapasitas Pelaku Usaha Mikro Sektor Perikanan

5 Juli 2022 - 22:07 WIB

Kepemimpinan BUMN Lebih Fokus dan Tuntas, BRI Tuai Kinerja Positif

5 Juli 2022 - 17:17 WIB

BRIFast Remittance

KemenKopUKM: Koperasi Potensial Jadi Holding Company bagi Usaha Kreatif dan Digital

5 Juli 2022 - 16:09 WIB

Urus Izin dan Segera Cek Distributor, Ini Cara Daftar Agen Minyak Goreng

5 Juli 2022 - 13:51 WIB

Cek Harga Bahan Pokok! Mendag Temukan Harga Telur Turun, Cabai Masih Tinggi

5 Juli 2022 - 13:19 WIB

Harga Emas Antam Masih Rp 989.0000 Hari Ini

5 Juli 2022 - 08:45 WIB

harga emas antam
Trending di Ekonomi