Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiMau Diterima Kerja? Ini Tips Lolos Seleksi Rekrutmen Pegawai BUMN

Mau Diterima Kerja? Ini Tips Lolos Seleksi Rekrutmen Pegawai BUMN

Bogordaily.net– Sebanyak 2.700 lowongan kerja dibuka oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara () di lebih dari 50 perusahaan pelat merah. Lowongan tersebut mulai dibuka sejak 14 April hingga 25 April 2022. Bagi peserta yang ingin lolos maka harus melalui serangkaian tes dan seleksi menjadi pegawai di . Lalu apa tips lolos seleksi rekrutmen pegawai ?

Senior Associate, Culture Measurement & Program Development MIND ID Vina Muliana mengatakan agar peserta bisa lolos rangkaian tes dan diterima sebagai karyawan di perusahaan pelat merah rumusnya yakni plan, prepare, practice, dan presence (4P).

Untuk plan atau perencanaan, kata dia peserta perlu merencanakan kemampuan diri sendiri dalam menghadapi tes. Biasanya, menurut Vina, peserta yang gagal bukan karena kurang belajar tetapi pikiran yang terlalu ruwet.

“Harus percaya dengan kemampuan diri sendiri, lakukan yang terbaik,” ujar Vina dikutip dari CNN Indonesia, Rabu, 18 Mei 2022.

Kemudian yang kedua, prepare atau persiapan. Vina menyarankan peserta perlu melakukan riset dan mempelajari tentang perusahaan plat merah yang mereka lamar. Dengan melakukan riset tersebut, peserta dapat mengetahui perusahaan lebih detail dan mempermudah mereka dalam menjalani tes.

“Teman-teman lihat fakta-fakta menarik tentang perusahaan tersebut, teman-teman juga bisa coba untuk lihat apa saja berita-berita yang berkaitan dengan perusahaan ,” imbuhnya.

Jika sudah, peserta juga perlu melakukan practice atau latihan. Menurut Vina, latihan ini dimaksudkan untuk peserta yang akan menghadapi tes dan wawancara. Ia menyarankan peserta sebaiknya melakukan latihan wawancara dengan kerabat seputar tanya jawab agar lancar saat tes nanti.

“Kemudian selama teman-teman berlatih, teman-teman juga nanti akan bisa lebih mengendalikan rasa gugup yang seringkali muncul,” ujar Vina.

Tips selanjutnya kata dia adalah presence atau penampilan. Pada sesi wawancara, menurut Vina 80 persen komunikasinya tidak hanya terjadi secara verbal, tapi juga non-verbal melalui gestur dan penampilan.

Pewawancara menurut Vina akan melihat bagaimana cara peserta berbicara, gestur, dan antusiasme mereka. Oleh karena itu, peserta harus memperlihatkan antusiasme yang tinggi, gestur yang baik, dan penampilan yang rapi.

Sebelumnya diberitakan membuka lowongan kerja besar-besaran tahun ini. Terdapat 2.700 posisi di puluhan perusahaan . Pendaftaran lowongan kerja (loker) akan dibuka pada tanggal 14-25 April 2022.

Menteri Erick Thohir berharap dengan buka lowongan kerja akan ada regenerasi sehingga memunculkan generasi penerus dari Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Menurutnya, sangat penting memiliki generasi muda yang tidak hanya melek teknologi, tetapi juga generasi muda yang merupakan calon pemimpin ke depan yang memiliki kapabilitas dan juga karakter atau akhlak.

“Di situlah kenapa kami sekarang membuka lagi rekrutmen sebanyak 2.700 lowongan dari 50 BUMN, di mana tentu kita harapkan ini adalah generasi penerus,” ujar Erick Thohir dalam peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diluncurkan di Jakarta, Selasa, 12 April 2022 lalu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here