Mengenal 5 Prinsip Stoicisme, Bisa Bantu Hidup Lebih Tenang dan Aman

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Kesehatan · 18 Mei 2022 18:06 WIB

Mengenal 5 Prinsip Stoicisme, Bisa Bantu Hidup Lebih Tenang dan Aman


 Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Stoicisme adalah disiplin filosofis yang telah diterima secara luas di masyarakat sebagai cara untuk mencapai sikap yang tenang. Stoicisme sering disebut sebagai filsafat fundamental.

Pasalnya, pendiri aliran ini, Zeno, biasa menyapa murid-muridnya dengan berbicara informal di depan teras berpilar sekitar tahun 300 SM.

Stoicisme adalah filosofi yang menekankan ketenangan hidup, kecukupan, dan harmoni mental dan emosional. Aliran ini juga percaya kepada Tuhan dan tunduk kepada-Nya sebagai Pencipta Alam Semesta.

Stoicisme juga mengacu pada gaya hidup yang menekankan kualitas interior manusia orang yang memiliki sudut pandang tabah, dapat hidup bahagia ketika mereka tidak terpengaruh oleh faktor eksternal.

Orang yang menganut Stoicisme ini dikenal sebagai orang yang stoic, biasanya memiliki jiwa yang lebih tenang saat menghadapi dunia di sekitarnya.

Stoicisme mengajarkan bagaimana bersikap tenang dalam situasi sulit atau tidak terduga. Pengendalian diri adalah tujuan utama aliran ini.

Untuk mempraktikkannya, kamu harus memahami lima konsep Stoicisme yang tercantum di bawah ini :

1. Keluar dari Zona Nyaman

Cobalah untuk mendorong diri kamu keluar dari zona nyaman kamu. Dengan melangkah keluar dari zona nyaman, kamu akan menjadi lebih mudah menerima ide dan sudut pandang baru.

Kamu juga akan belajar untuk bersikap tenang ketika hal-hal yang tidak menyenangkan terjadi kapan saja.

2. Mengenali Apa yang bisa dan Tidak Bisa Dikendalikan

Kamu harus sadar bahwa ada hal-hal yang dapat dikendalikan dan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan sama sekali dalam hidup.

Untuk menjadi stoic, kamu hanya perlu berkonsentrasi pada apa yang dapat kamu kendalikan. Jika tidak, biarkan semuanya berjalan dengan sendirinya dan jangan khawatir karena itu hanya akan memperumit hidup kamu.

3. Mensyukuri Apa yang Telah Terjadi

Kamu semua memiliki impian dan tujuan yang ingin kamu capai sebagai manusia. Namun, beberapa dari berbagai harapan tersebut tidak selalu sejalan dengan apa yang diinginkan.

Kamu akan toleran dalam menghadapi takdir jika menyukainya, meskipun konsekuensinya tidak selalu seperti yang kamu harapkan. Hal-hal harus berjalan sebagaimana mestinya, bukan seperti yang kamu inginkan, menurut Stoicisme.

4. Memiliki Pandangan yang Luas

Untuk mengembangkan kualitas ini, kamu harus terbiasa mendengarkan dan menghargai pandangan orang lain. Orang mungkin hanya mengamati dari satu sudut pandang tanpa mempertimbangkan perspektif alternatif. Kamu bisa menilai lebih adil dan bijaksana dengan sudut pandang yang luas ini.

5. Berkonsentrasilah untuk Memberikan Segalanya

Tidak seorang pun kecuali diri kamu sendiri yang dapat memastikan kelangsungan hidup kamu. Alhasil, isi hidup kamu dengan hal-hal positif yang membuat kamu bahagia dan tidak menyia-nyiakan satu detik pun. Kamu akan memiliki persiapan untuk persiapan kehidupan masa depan dengan cara ini.

Stoicisme adalah tentang pengendalian diri, seperti yang dikatakan sebelumnya, dan premisnya adalah untuk mengakui bahwa kamu hanya dapat mengendalikan apa yang ada dalam lingkaran kendali kamu.

Orang yang mempraktikkan sikap stoic tidak terlalu khawatir tentang masalah yang tidak dapat mereka kendalikan.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Makan Buah Duku Kebanyakan Bisa Bikin Gendut

6 Juli 2022 - 19:49 WIB

Cara Agar Bulu Mata Lentik, Konsumsi Makanan Ini!

6 Juli 2022 - 18:01 WIB

Awas! Ini yang Terjadi pada Kulit Jika Mencuci Muka Pakai Air Berlebihan

6 Juli 2022 - 17:11 WIB

5 Penyebab Mundurnya Siklus Menstruasi Pada Wanita

6 Juli 2022 - 16:23 WIB

siklus menstruasi

4 Manfaat Mandi Air Hangat, Bikin Kualitas Tidur Lebih Baik

6 Juli 2022 - 10:12 WIB

Mandi Air Hangat

Atasi Susah Kentut  dengan 4 Cara Ini, Buang Angin Lebih Lancar

5 Juli 2022 - 22:48 WIB

Trending di Kesehatan